Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMAN 1 Wolowa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berkaitan dengan Program Linear Dua Variabel

Penulis

  • Muhamad Rahman Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1366

Kata Kunci:

Kesalahan, Masalah Kontekstual, Program Linear Dua Variabel

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kesalahan apa saja yang dialami siswa kelas XI SMAN I Wolowa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan program linear dua variabel dan apa saja faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas XI SMAN I Wolowa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan program linear dua variabel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa kelas XI SMAN I Wolowa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan program linear dua variabel dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas XI SMAN I Wolowa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan program linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wolowa dengan jumlah keseluruhan 144 siswa dan XI IPA 1 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 20 kesalahan membaca disebabkan karena ketidakmampuan dalam memaknai kata kunci dari informasi yang terdapat pada soal, 33 kesalahan memahami disebabkan karena kurangnya ketelitian dalam menuliskan apa yang diketahui dengan tidak lengkap dan tidak tepat, 66 kesalahan transformasi disebabkan karena ketidakmampuan dalam mentransformasikan informasi yang diketahui ke dalam model matematika, 83 kesalahan keterampilan proses disebabkan karena salah pada langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal, salah dalam menuliskan rumus, dan salah dalam melakukan perhitungan, serta 83 kesalahan penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak mampu menuliskan hasil akhir sesuai dengan kesimpulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Suharta, I. G. P. (2016). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Pemecahan Masalah Matematika Real. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(3), 137–147.

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–10.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Rahman, M., & Lestari, D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMAN 1 Wolowa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berkaitan dengan Program Linear Dua Variabel. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(2), 108-113. https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1366

Terbitan

Bagian

Articles