Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendidikan Karakter

Penulis

  • Herlawan Herlawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Yusman Yusman Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1359

Kata Kunci:

Project based learning, Pendidikan karakter, Prestasi belajar matematika

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis pendiddikan karakter lebih baik terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Baubau?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Baubau melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis pendiddikan karakter. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi-eksperimen. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri Baubau dengan jumlah keseluruhan 114 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling, sehingga semua siswa kelas XII SMA Negeri 3 Baubau memiliki peluang yang sama untuk terpilih dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII Ipa 1 dan XII Ipa 2 dengan jumlah 65 siswa. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbasis pendidikan karakter lebih baik terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Baubau. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar antara kelas yang menggunakan metode ini (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan metode konvensional (kelas control), dengan kelas eksperimen memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwi, Z., Ernalida, & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 16(1), 10–21.

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 132–138.

Astari, P. Y. E. M., & Santoso, I. G. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 6(1), 19–38.

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 120–133.

Faridah, R. N., Afifah, N. E., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Albasicedu, 6(1), 709–716.

Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai Media Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 113–119.

Putra, D. H., & Purwasih, R. (2015). Meningkatkan Prestasi belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128–136.

https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/170

Rustandi, A. (2014). Model Project Based Learning Berorientasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMP. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 36–49.

Surya, P. andita, Relmasira, C. S., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Usman, R. M., Halim, N. S., & Faqih, S. N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 2541–2906.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Herlawan, H., Lestari, D., & Yusman, Y. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(2), 89-94. https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1359

Terbitan

Bagian

Articles