Upaya Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Active Knowledge Sharing pada Siswa

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1223

Kata Kunci:

komunikasi matematika, hasil belajar matematika, active knowledge sharing

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komunikasi belajar matematika selama proses pembelajaran melalui penerapan strategi Active Knowledge Sharing pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batauga dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika selama proses pembelajaran melalui penerapan strategi Active Knowledge Sharing pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batauga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peneliti, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Batauga yang berjumlah 15 orang. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) evaluasi, dan 5) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan komunikasi belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batauga dan ada peningkatan hasil belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batauga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Azis, A., & Ali, S. (2019). Pengaruh Jam Belajar Pada Mata pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.31219/osf.io/pfu6j

Azis, A., Iriana, A., & Sudin, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI MIA SMA. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.697

Faturrahman, I. K., Ahmadi, S. A., & HA, S. (2012). Pengantar Pendidikan. PT. Prestasi Pustakaraya.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. UM Pers, 18(2).

Sumitro, Siswoyo, D., Sulistyiono, T., Giyono, W., Wibowo, L. H., & Sidharto, S. (2003). Pengantar Ilmu Pendidikan. FIP UNY.

Wibowo, S. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Knisley Dengan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Azis, A., Nurlita, M., & Sarmin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Active Knowledge Sharing pada Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(2), 68-77. https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1223

Terbitan

Bagian

Articles