Efektifitas Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Baubau

Penulis

  • Herlawan Herlawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Abdurahman Askois Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nursinta Yani Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1144

Kata Kunci:

brainstorming, kemampuan pemecahan masalah, matematika

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Brainstorming efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Baubau. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Brainstorming efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Baubau. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Baubau sebanyak 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 85 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII A yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen sebesar 77,96;  rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol sebesar 68,70. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 2,448. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan df = 52 yaitu 2,006. Berdasarkan nilai tersebut thitung > ttabel maka H1 diterima. Jadi, data disimpulkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, R. S. (2014). Inovasi Pembelajaran Cet Ke 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, B. U. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif.. Jakarta: Bumi Aksara.

Husen, S., & Anwar, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Cisco Webex dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 101–109. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.263

Roestiyah. N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Siska, E. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Tebo. UIN Sulthan Taha Saifuddin Jambi.

Tampubolon, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Certainly Of Response Index Dengan Teknik Inside-Outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii SMP Negeri 2 Siempatnempu Kanopan T.P 2018/2019 [Universitas HKBP Nommensen]. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3292

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Herlawan, H., Askois, A., & Yani, N. (2023). Efektifitas Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(1), 58-62. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1144

Terbitan

Bagian

Articles