Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kriteria Newman

Penulis

  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Lisnawati Lisnawati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1132

Kata Kunci:

analisis kesalahan, pemecahan masalah matematika, kriteria newman pada siswa

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kuasi deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Buton Tengah, yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Newman, untuk siswa yang paling sedikit melakukan kesalahan meliputi: kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, dan kesalahan penulisan jawaban. Untuk siswa yang melakukan kesalahan sedang meliputi: kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Untuk siswa yang paling banyak melakukan kesalahan meliputi: kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Penyebab kesalahan membaca meliputi siswa tidak dapat memaknai arti dari setiap kata dalam soal dengan benar. apa yang diketahui dan ditanyakan serta kurang memahami maksud dari soal kesalahan transformasi meliputi siswa tidak menuliskan model matematika dari soal dan tidak dapat membuat model matematika yang sesuai kesalahan keterampilan proses meliputi siswa kurang terampil dalam melakukan perhitungan dan tidak melakukan proses penyelesaian dengan benar kesalahan penulisan jawaban meliputi tidak membuat kesimpulan, tidak tepat dalam menentukan dan menuliskan hasil akhir penyelesaian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Freddy, R. (2014). ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 43–52.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A Tentang Bangun Datar di Tinjau dari Teori Van Hiele.

Jha. (2012). Mathematics Performance of Primacy School Students in Assam (India) : An Analysis Using Newman Procedure. International Jurnal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2.

Lestari, D., & Sardin. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 49–52.

Mairing. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung, Indonesia: CV. Alfabeta.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

R Armin. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian dan Pembagian Pecahan Berdasarkan Metode Newman pada Siwa Kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 142-147.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Sugiono. (2020). metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (1999). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova.

Sumartini. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 8, 150–151.

Sundayana. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surya, E. (2012). Visual Thinking, Mathematical Problem Solving and Self- Regulated Learning with Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 1–14.

Ugi, L. E., & Usa, S. La. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 2 Katobengke. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 102–111.

Usman, F. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Baubau. Baubau.

White. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Sciences and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–149.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Rahmatia, R., Ugi, L. E., & Lisnawati, L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kriteria Newman. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(1), 15-22. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1132

Terbitan

Bagian

Articles