Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Penulis

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Khusnul Khatima Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1126

Kata Kunci:

pembelajaran berbasis masalah, kemampuan penalaran, komunikasi matematis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMPN 9 Buton Tengah Kec. Mawasangka Timur Kab. Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Buton Tengah sebanyak 72 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 dengan jumlah 36 siswa dan siswa VIII 2  berjumlah 36  siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 1,013. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db = 70 yaitu 2,000. Berdasarkan nilai tersebut thitung> ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Buton Tengah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, M. (2008). Dunia Matematika. Komunikasi Matematika. Jurnal pendidikan matematika 10 (2), 93-108, 2016

Agustina, R. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi. (Skripsi). Bandung. Universitas pendidikan Indonesia, 2014

Azis, A., Iriana, A., & Sudin, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI MIA SMA. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.697

Baldwin, M. S. [2003]. Problem-Based Learning Home Page. http://www.samfor .edu/pbl.[29 mei 2006], 2013

Fatkhurrokhim, M.A. & Utami, B. (2011). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Siswa Kelas VIII-A Di MTs. MIFTAHUL HUDA JATISARI 2011/2012. Prosiding seminar biologi 9 (1), 2012

Herdian. (2010). Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal pengajaran MIPA 18 (2), 146-151, 2013.

Hermawan, R dan Winarti R.E,.(2015). Komparasi kemampuan penalaran matematis. Unnes journal of mathematics education 4 (1), 2015

Imam, G. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 68.

Lestari, dkk. (2015). Efektivitas penerapan model problem based learning ditinjau dari penalaran matematis siswa. Jurnal pendidikan matematika universitas lampung 3 (5), 2015

Marsa, dkk. (2015). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self confidence. . Jurnal pendidikan matematika universitas lampung 2 (6), 2014

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim. (2017) paduan penulisan karya ilmiah (KTI). Bubungan tinggi: jurnal pengabdian masyarakat 1 (2) 106-111, 2019

Wibisono, Y. (2005). Metode statistik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Rasmuin, R., & Khatima, K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(1), 9-14. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1126

Terbitan

Bagian

Articles