Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baubau

Authors

  • Retti Angraeni Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.267

Keywords:

model pembelajaran matematika realistik, hasil belajar matematika

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik  dan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis analisis statistic, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: 1) hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,50; 2) hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,50; 3) hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,00; 4) hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol diperoleh niai rat-rata sebesar 59,75; 5) berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai = 3,069 dan nilai  = 1,6850. Jika dibandingkan dengan , maka > . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariawan, Darsana, dan Suardika. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita-citaku ditinjau dari karakteristik pertanyaan guru pada siswa kelas IV SD Negeri 27 Pemecutan. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 3(1). 2.

Damayanti, Sukma. (2018). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baubau. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Daud Siagian, Muhammad. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal (2) 1.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Julrahmat, La Ode Ahmad Jazuli dan Hasnawati. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowuna. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 7(2).

Kustanto, Fredy. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ghanesha Volume 2(2).

Ningsih, Seri. (2014). Realistic Mathematics Education: model alternatif pembelajaranmatematikasekolah. Jurnal JPM IAIN Antasari 01 (2).73-94

Ramadhani, Dina. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN 7 Medan Denai. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wibisono, Yusuf. (2005). Metode Statistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Angraeni, R., & Ugi, L. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 126-132. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.267

Issue

Section

Articles