Dampak Supervisi Kepala Sekolah pada Kedisiplinan Guru Sejarah di SMA Negeri 2 Baubau

Authors

  • Maskun Baitu Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Dampak Supervisi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana latar belakang supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 2 Baubau tahun ajaran 2019/2020; 2)  Bagaimana dampak supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 2 Baubau tahun ajaran 2019/2020; 3) bagaimana kedisiplinan guru sejarah di SMA Negeri 2 Baubau tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui latar belakang supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 2 Baubau tahun ajaran 2019/2020; 2)  untuk mengetahui dampak supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 2 Baubau tahun ajaran 2019/2020; 3) untuk mengetahui kedisiplinan guru sejarah di SMA Negeri 2 Baubau tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) latar belakang supervise kepala sekolah  memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kedisiplinan, kwalitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajarmengajar. (2) peran kepala sekolah untuk menigkatkan kedisiplinan guru di selan-selan rapat dewan guru selalu mengingatkan tentang kedisiplinan guru seperti jam mengajar dan setiap guru piket harian hadir lebih awal dari pada guru-guru yang lain. guru sejarah mentaati aturan-aturan atau tata tertib yang terdapat di sekolah SMA Negeri 2 Baubau salah satunya datang ke sekolah dengan tepat waktu. (3) kedisiplinan guru sejarah sesuai dengan jadwal yang telah ada di sekolah dan guru mengajar sesuai dengan bidang yang ilmu yang diampu. pelanggaran yang sering terjadi yaitu guru tidak hadir dan datang terlambat. (4) Untuk guru sejarah sejauh ini belum ada pelanggaran dan memperkecil kesempatan guru untuk ijin meninggalkan kelas. (5) strategi kepala sekolah selalu mengingatkan guru agar dapat memotivasi diri sendiri untuk selalu tepat waktu dalam melaksanakan tanggung jawab yaitu mengajar dengan tepat waktu serta memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi. (6) kepala sekolah Setiap selan-selan rapat atau pertemuan saya selalu sampaikan bahwa untuk selalu memotivasi diri sendiri karena guru itu di contoh, ditiru dan dilihat oleh siswa sebagai panutan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amatembun. 2008. Supervisi Pendidikan: Penuntun Bagi Penilik Pengawas Kepala Sekolah dan Guru-guru, Bandung: PT. Suri.

Jasmani & Syaiful Mustofa.2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Penigkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

M.Ngalim Purwanto. 2010. Admistrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto. 1988. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta. Rajawali Pers.

Umiarso & Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta. IRCiSoD.

https://www.google.com/search?q=skripsi+pengaruh+supervisi+kepala+sekolah+terhadap+kinerja+guru&oq=skripsi+pengaruh+supervisi&aqs=chrome.1.69i57j0l2.15857j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 di akses pada tanggal 8 juli 2020

https://www.google.com/search?q=skripsi+pengaruh+supervisi+kepala+sekolah+dalam+meningkatkan+motivasi+guru&oq=skripsi+pengaruh+supervisi+kepala+sekolah+dalam+meningkatkan+motivasi+guru&aqs=chrome..69i57.49421j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 di akses pada tanggal 8 juli 2020

Downloads

Published

2020-11-01