Penggunaan Metode Student Team Achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi

Authors

  • Maskun Baitu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asiadin Asiadin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Keaktifan Siswa, Pelajaran Sejarah

Abstract

Masalah yang akan menjadi obyek penelitian sebagai berikut: “Bagaimana Penggunaan Metode Student Team Achievement Devision (STAD) dalam Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Wangi-Wangi Kab. Wakatobi”. Tujuan adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode Student Team Achievement Devision (STAD) dalam pelajaran sejarah di SMAN 2 Wangi-wangi Kab. Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Waktu dan tempat Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 di kelas XI SMA Negeri 2 Wangi-wangi. Populasi dalam penelitian ini adalah 413 orang. Sampel Penelitian kelas X IPS 2 yang terdiri dari jumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian yaitu Metode Observasi, Wawancara, dan Metode Demonstrasi. Hasil penelitian pada siklus I. Keberhasilan siswa selama kegiatan belajar hanya 10 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 40,25 dengan persentase 50% dan yang belum tuntas 10 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 28,50 dengan persentase 50% dan Pada siklus II. Keberhasilan siswa selama kegiatan belajar mengalami peningkatan dimana 16 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 66,75 dengan persentase 80% dan yang belum tuntas 4 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 12.50 dengan persentase 20% meningkatkan aktifitas belajar siswa untuk menelaah materi dan soal yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alipande, Imansyah. 1984. Didaktik Metode Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Basundoro. Supardan. 2014. Buku Sejarah Pegangan Guru Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arifin, zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ariquntio. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Draja. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hartati. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kunandar. 2007. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat-tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama). Surabaya: Citra Media.

Nana, Sudjana. 2001. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensido.

Raka Joni. 1984. Strategi Belajar Mengajar Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta. P2LPTK.

Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran (Suatu Pendekatan Praktir). Kendari: FKIP UNHALU.

Rustaman. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Silverius. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Surabaya. Usaha Nasional.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bina Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih Sukmadinanta, Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Garuda Persada.

Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pidarta. 1999. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Prasetyo. 2007. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: Grasindo.

Ramayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sangidu, R. 2004. Konsep Metode Pembelajaran dan Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Sudirman, B. 1987. Metode Pembelajaran Tanya Jawab. Jakarta: Kalam Mulia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wijaya, C. dan Rusyan A.T. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2019-11-01

Issue

Section

Articles