SENGKETA TANAH MASYARAKAT SUKU MANGE DENGAN MASYARAKAT WAKATOBI DI DESA JORJOGA KECAMATAN TALIABU UTARA KABUPATEN PULAU TALIABU

Authors

  • HAERUDDIN

Keywords:

Suku Mange, Wakatobi, Konflik, Taliabu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang konflik anatara penduduk Wakatobi yang bermukim di Pulau Taliabu dengan Suku Mange sebagai Penduduk asli Pulau Taliabu, dan bagaimana proses penyelesaian konfliknya serta dampak apa yang muncul pasca penyelesaian konflik anatar kedua etnis tersebut. Sumber yang digunakan terdiri dari sumber primer berupa wawancara, arsip/dokumen, dan sumber sekunder berupa artikel, buku, majalah, jurnal, yang diperoleh dari perpusatakaan maupun koleksi pribadi.

Beberapa temuan pokok penelitian ini, adalah; Pertama, Suku Mange menganggap bahwa warga Wakatobi yang bermukim di Taliabu adalah warga pendatang yang tidak memiliki hak atas tanah yang digarapnya. Sementara dilain pihak warga Wakatobi yang telah sekian lama bermukim dan bertani telah menganggap bahewa tanah yag ditinggali dan digarapnya merupakan hak milik mereka, apalagi telah banyak tanaman jangka panjang yang tumbuh di areal tanah mereka. Kondisi tersebut kemudian membuat kedua belah pihak hidup tidak tenang, selalu was-was atau tidak nyaman dalam hidup bertetangga. Upaya mediasi telah dilakukan oleh pemerintah desa, tapi pada kenyataannya masing-masing pihak tetap bersikukuh dengan pendapatnya, sehingga jalan tengah sebagai solusi yang dapat ditempuh menjadi mandek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albertus Fenanlampir. 2020. Manajemen Konflik dalam Olahraga (Solusi Pemecahan Konflik Dalam Dunia Olahraga di Indonesia). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Harison Citrawan, 2016. Anatomi Sengketa Agraria yang Menimbulkan Konflik Sosial Studi Tentang Dampak Regulasi Pusat dan Daerah di Sektor Agraria Terhadap Pelanggaran Hak Asasi Manusia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM.

I Wayan Suwendra. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bandung: Nila Cakra.

Laksanto utomo. 2020. Buku Ajar Hukum Agraria dan Property. Jakarta: Lembaga Studi Hukum Indonesia

Rauf A. Hatu. 2018. Problematika Tanah: Alih Fungsi Lahan dan Perubahan Sosial Petani. Yogyakarta: Absolute Media.

Suhairi, dkk. 2020. Konflik Sosial di Lampung Tengah Akar Geneologis, Identitas Sosial, dan Penanganannya. Yogyakarta: Pustaka Pranala.

Suwandi, dkk., 2023. Manajemen Multikultural. Medan: Guepedia.

Willya Achmad. 2023. Manajemen Konflik Teori dan Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Downloads

Published

2024-02-28