Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi

Authors

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Fiana Fiana Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.183

Keywords:

alat peraga, geoboard, hasil belajar matematika, bangun datar

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana belajar di sekolah terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Causal komperatif.Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMPN 2 Wangi-Wangi yang berjumlah 20 orang siswa dan siswa SMPN 5 Wangi-Wangi yang berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket sarana dan prasarana di sekolah dan angket motivasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t yang homogen dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata motivasi belajar matematika SMPN 2 Wangi-Wangi sebesar 50,00dan rata-rata motivasi belajar siswa SMPN 5 Wangi-Wangi sebesar 39,85. (2)Analisis dengan uji-t diperoleh nilai t sebesar 8,672, signinifikan pada 0,000<0,05, sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan sarana dan prasarana belajar di sekolah terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwan, Manza. H, & Darmaji. (2017). Faktor-faktor yang mendorong siswa MIA SMAN mengikuti bimbingan belajar luar sekolah di Kecamatan Talanaipura Kota Kambi.http://online-journal.unja.ac.id/index.php/EDP/article/view/3945. (jurnalEduFisika Vol. 02 No. 0, Juli 2017).

Andi, dkk. (2018). Metodologi penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Budi, S. (2010). Statistika untuk analisis data penelitiandilengkapi cara perhitungan dengan SPSS dan MS Office Excel. Bandung: PT Refika Aditama.

Ghullam, H. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ipa di sekolah dasar. http://www.accademia.edu/9794192/PENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_TERHADAP_PESTASI_BELAJAR_IPA_DI_SEKOLAH_DASAR_Studi_Kasus_terhadap_Siswa_Kelas_IV_SDN_Tarumanagara_Kacamatan_Tawang_Kota_Tasikmalaya. (Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 April 2011).

Hendra, S. (2018). Pengaruh minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX MAN 1 Baubau. Skripsi. Baubau: FKIP Matematika Unidayan Baubau.

Heri, T. (2016). Pengaruh pendidikan, motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset daerah Kabaupaten Grobongan. http://www.neliti.com/id/publications/131377/pengaruh-pendidikan-motivasi-kerja-dan-kemampuan-kerja-terhadap-kinerja-pegawai.(Jurnal STIE SEMARANG VOL 8 No. 3 Edisi Oktober 2016).

Irfan, M. (2015). Analisa penerimaan pengunaan system informasi koperasi pada kopersai karyawan Budi Setia Jakarta dengan Technology Acceptance model. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/139. (Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. XI, No.1 Maret 2015).

Isnarin. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pemebelajaran langsung dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning di Kelas VII SMPN 2 Siompu. Skripsi. Baubau: FKIP Matematika Unidayan Baubau.

Kasri, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 1 Kumbewaha. Baubau: FKIP Matematika Unidayan Baubau.

Putri, S. (2017). Dampak cara belajar dan fasilitas belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/10584. (Manajerial, Vol. 2 No. 2 Januari 2017, Hal -163).

Sam, A. (2019). Pengaruh jam belajar pada mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Baubau: FKIP Matematika Unidayan Baubau.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta

Fitriana, W.O.N. (2018). Pengaruh model pembelajaran kumon terhadap kepercayaan diri peserta didik. Skripsi. Baubau: FKIP Matematika Unidayan Baubau.

Vina, R. (2016). Pengaruh belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa smp di depok. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1027. (Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ).

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Rasmuin, R., & Fiana, F. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 124-130. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.183

Issue

Section

Articles