UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 BUTON TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Hasmillah Hasmillah SMP Negeri 12 Buton Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i3.509

Keywords:

Sejarah, Peraga Peta, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah dengan penggunaan alat peraga peta pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai pra siklus, nilai siklus I, dan nilai siklus II. Hasil evaluasi belajar yang dicapai siswa pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Hal tersebut terbukti dari semua siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah yang terdiri dari 20 (dua puluh) siswa dapat lulus Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 85.33. Dengan demikian proses perbaikan pembelajaran dapat dikatakan telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga peta, atlas dan gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah Kabupaten Buton Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M Sardiman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Harfini, Charles Kapile, dan I. (2015). Penggunaan Alat Peraga Pada Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Al-Khairaat Tomoli Selatan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Vol. 3 No.

Hartono Kasmadi. (2013). Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Prima Nugraha.

Machmuddin, D. (2008). Alat Peraga IPA di Sekolah Dasar. Universitas Terbuka.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan ke).

Downloads

Published

2021-09-30