MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 BUTON TENGAH

Authors

  • Ali Rahmat SMP Negeri 15 Buton Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i3.507

Keywords:

Media film, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 1). penggunaan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah dapat meningkatkan keefektifan guru dalam pembelajaran IPS?; 2). penerapan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah dapat meningkatkan Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS?; 3). Penerapan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah dapat meningkatkan hasil belajar IPS?. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Buton Tengah. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yang diawali dengan pembuatan perangkat pembelajaran secara kolaboratif antaraguru mata pelajaran IPS dengan peneliti, kemudian rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media film, agar keefektifan guru dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut: Setelah selesai pembelajaran dalam satu siklus diadakan refleksi yaitu pembahasan berbagai permasalahan yang timbul untuk dicari pemecahannya serta diterapkan pada siklus berikutnya. Pada akhirnya ditemukan satu model pembelajaran yang paling sesuai untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa ada peningkatan yang cukup signifikan pada motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS. Diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan oleh guru mata pelajaran IPS yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing serta pada materi-materi pelajaran yang sesuai agar lebih menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Hafid, Jafar Ahiri, P. H. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Alfabeta.

Arnie Fajar. (2014). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Haris, A. J. dan A. (2013). Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo.

Mohamad Syarif Sumantri. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. PT Raja Grafindo Persada.

Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. UINMaliki Press.

Nunuk Suryani dan Leo Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Ombak.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenada Media Group.

Uyoh Sadulloh. (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan. Alfabeta.

W, S. A. (2007). Materi Pokok Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS Penegembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-09-30