PENERAPAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA READING SKILL SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 12 BUTON TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Iwan Amani SMP Negeri 12 Buton Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i3.506

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Prestasi Belajar, Keterampilan membaca, Metode Latihan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menggunakan metode drill (latihan) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris pada kemampuan membaca pada siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 12 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Bentuk tes yang diberikan untuk penilaian siswa diwujudkan dalam dua bentuk penilaian: 1). Penilaian unjuk kerja dan 2). Penilaian bentuk tertulis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Buton Tengah mengalami peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Beberapa hasil penelitian yang menggunakan metode Drill menunjukan keberhasilan siswa dalam menguasai berbagai mata pelajaran termasuk dalam penelitian kebahasaan. Evaluasi angka akhir dengan tes tertulis dan tes unjuk kerja di atas menunjukan 74,1% siswa mencapai ketuntasan belajar baik nilai tes unjuk kerja dan tes tulis dengan nilai rata-rata nilai yang diperoleh di atas 70. Dari hasil belajar siswa dengan menggunakan jenis tes unjuk kerja dan tes tertulis ini, mengindikasikan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 12 Buton Tengah dengan menggunakan metode drill cukup menunjukkan keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Chaer. Abdul. (2012). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Haditono dkk. (1987). Laporan Peneltian Korelasi antara Kecakapan Belajar dan Prestasi Belajar.

Harsono. (2011). Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khalik, A. (2009). Penelitian tindakan Kelas. PGSD FIP UNM.

Roestiyah. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1992). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-09-30