Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Lakudo

Authors

  • Wa Ode Sartina Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Maskun Baitu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Amaluddin Amaluddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i2.425

Keywords:

Metode Jigsaw dan pembelajaran sejarah

Abstract

Tujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Lakudo.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Waktu dan tempat Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun Ajaran 2017/2018 di kelas X SMA Negeri 2 Lakudo. Populasi dalam penelitian ini adalah 99 orang dan sampel pada penelitian. Peneliti memilih kelas X IPS 1 yang terdiri dari 30 siswa SMA Negeri 2 Lakudo. instrumen penelitian yaitu Metode Observasi, Metode Demonstrasi dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I Keberhasilan siswa pada siklus I ini selama kegiatan belajar hanya 15 orang siswa yang tuntas dari 30 orang siswa dengan nilai rata-rata 50,00 atau 50% dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa untuk menelaah materi dan soal yang diberikan dan pada siklus II, I ini selama kegiatan belajar mengalami peningkatan dimana 25 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 83,33 atau 83% meningkatkan aktifitas belajar siswa untuk menelaah materi dan soal yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah. Syaiful, B. (2002). Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta.

Harmuni. (2012). Strategi Pembelajaran. Insane Madanai.

Ibrahim. (2000). Pembelajaran IPS Terpadu. PT Gramedia.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. PT. Grasindo.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles