Hubungan antara Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana

Authors

  • Hasril Hasril Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azan Sahidi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Ode Ramlan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i2.421

Keywords:

Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana berjumlah 50 siswa. Sampel diambil menggunakan teknis sampling jenuh atau sensus dengan jumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket, wawancara (interview) dan dokumentasi.

Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa, berdasarkan hasil analisi regresi linear sederhana diperoleh persamaan hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana yaitu Y = 4,254 + 0,80X. Persamaan ini menunjukan adanya pengaruh yang cukup kuat antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,80 atau nilai b adalah positif. Dari hasil analisis product moment didapatkan nilai r = 0,2304. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat atara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana sebesar 0,2304.Besarnya hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana ditunjukkan dengan hasil koefien determinasi (penentu) sebesar 23,04%. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar sebesar 23,04% dipengaruhi oleh gaya mengajar guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (1994). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

B.Uno Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan pengukuranya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP. Semarang Press.

Dimyanti dan Mudjono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Moedjono, H. dan. (1995). Variasi Gaya Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman dan Lilis Setiawati. (2012). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbinsyah. (1997). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles