Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Metode Discovery Melalui Kegiatan Laboratorium Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Al Kadri SMA Negeri 3 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.403

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Discovery, Laboratorium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium pada konsep sistem koloid. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Baubau pada bulan September sampai dengan Oktober 2019.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel berjumlah 33 siswa yang diajarkan dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus penelitian dengan tahapan dalam tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes hasil belajar, dan hasil wawancara guru dan siswa.

Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa penelitian ini telah mencapai kriteria yang telah menjadi batas indikator keberhasilan yang ditunjukkan melalui peningkatan kategori aspek partisipasi siswa yang aktif dalam pembelajaran pada tiap siklus. Begitu pula dengan tes hasil belajar terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,09 meningkat menjadi 74,81 serta tidak ada lagi siswa yang mendapat nilai kurang dari 60,00. Sama halnya dengan hasil wawancara, siswa menanggapi secara positif proses pembelajaran dengan menggunakan metode discovery melalui kegiatan laboratorium. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran metode discovery melalui kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eni, Kusdianti. (2004). Implementasi Model Pembelajaran Induktif untuk Mengajarkan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan di SLTP. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dan IPA.

Fatmawati. (2003). Perbedaan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Metode Inquiry dan Discovery di kelas IV SD Kota Padang. Jurnal Ilmu Pendidikan, No.2 Th. III, 2003.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.

W.S. Winkel. (2005). PsikologiPengajaran. PT Media Abadi.

Downloads

Published

2021-01-01

Issue

Section

Articles