Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau

Authors

  • Muliati Muliati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.402

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, hasil belajar matematika

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau yang terdiri atas 11 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik random sampling di SMP Negeri 4 Baubau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linear: Y = 63,108 + 0,153X. Dengan nilai t sebesar 1,220, signifikan pada 0,258 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima, atau H1 ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwan dkk. (2017). Faktor-faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah di Kecamatan Telanapura Kota Jambi. Jun 15, 2017. https://doi.org/https://online journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3945.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Hal 76-89.

Gozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, S. (2004). Analisis Regresi Linear Berganda Dengan SPSS. Graha Ilmu.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rifki Mustofa. (2008). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap. Prestasi Belajar Siswa di SMA Islam Almaarif Singosari Malang. UIN Malang.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido.

Wibisono, D. (2005). Metode Penelitian & Analisis Data. Salemba. Medika.

Downloads

Published

2021-01-01

Issue

Section

Articles