Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Pelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning – Active Knowledge Sharing Kelas XII MIA-1 SMA Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Salmina Salmina SMA Negeri 2 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v8i2.354

Keywords:

Hasil belajar, PBL, Active Knowledge Sharing

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM dan aktivitas siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan akibat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning-Active Knowledge Sharing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas XII MIA-1 SMA Negeri 2 Baubau semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket yang selanjutnya dianalisis sebagai data kualitatif, serta penilaian hasil ulangan blok dianalisis sebagai data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning-Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata mencapai79,67 dengan jumlah siswa yang tuntas mencapai 90,00%, aktivitas siswa mencapai 90,42% (sangat aktif) dengan tingkat kerja sama 3,75 (baik sekali) dan dispilin 3,50 (baik), dan respon siswa terhadap model pembelajaran yang telah diterapkan adalah sangat positif (80,83%). Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Based Learning-Active Knowledge Sharing dapat diterapkan pada pembelajaran matematika, khususnya padamateri bunga, pertumbuhan dan peluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abba, N. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Universitas Negeri Surabaya.

Dedi, K. W. dan D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. PT Indeks.

Nasution, A. (1990). Landasan Matematika. Bharata Karya Aksara.

S Nasution. (2004). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bumi Aksara.

Sukardi. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. CV Rajawali.

UU Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Winkel, W. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.

Downloads

Published

2020-05-01

Issue

Section

Articles