PERAN GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMA NEGERI 1 TALAGA RAYA

Authors

  • Tanti Purwanti Universitas Dayanu Ikhsanudin,

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1285

Keywords:

Pelajaran Sejarah,, Peran Guru, Sikap nasionalisme

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara guru sejarah dalam mengajar materi pelajaran sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 1 Talhambatan-hambatan antara lain latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda. Faktor keluarga mengambil peranan penting dalam membentuk karakter siswa yang bernasionalisme. Faktor lingkungan pergaulan siswa menjadi masalah yang sering guru sejarah hadapi. Peran guru dalam memberikan nilai-nilai nasionalisme akan terhalang oleh faktor lingkungan. Perkembangan globalisasi yang mempunyai pengaruh negatif pada siswa, seperti penggunaan internet berpengaruh pada sikap dan moral siswa. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut diatas antara lain, guru sejarah dalam pembelajaran selalu melakukan pendekatan kepada siswa agar selalu meninggalkan perbuatan yang merusak moral dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam pelajaran sejarah di setiap mengajar, dan menjadikan anak yang pintar sebagai contoh teladan di dalam kelas.aga Raya; 2) Bagaimana peran guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 1 Talaga Raya; 3) Bagaimana hambatan guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 1 Talaga Raya Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi tiga tahap yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Talaga Raya dengan subjek penelitian yaitu dua guru sejarah dan empat siswa kelas IX IPS SMA Negeri 1 Talaga Raya. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh 1) Sikap nasionalisme di kalangan siswa SMA Negeri 1 Talaga Raya yaitu bangga menjadi bangsa negara Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan, dan menghargai jasa para pahlawan secara keseluruhan sudah tumbuh di kalangan siswa.; 2) Proses penanaman nilai-nilai nasionalisme siswa dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 1 Talaga Raya, karena pada kewajibannya tugas seorang guru yaitu memberikan nilai-nilai kehidupan yang baik kepada siswa. Peran guru sejarah dalam pembelajaran sejarah dapat memberikan nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran sejarah pada siswa. Nilai-nilai nasionalisme seperti semangat berbangsa dan cinta tanah air lebih diuatamakan oleh guru sejarah agar nantinya siswa mempunyai sikap nasionalisme; 3). Dalam usaha meningkatkan sikap nasionalisme, guru sejarah mengalami hambatan-hambatan antara lain latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda. Faktor keluarga mengambil peranan penting dalam membentuk karakter siswa yang bernasionalisme. Faktor lingkungan pergaulan siswa menjadi masalah yang sering guru sejarah hadapi. Peran guru dalam memberikan nilai-nilai nasionalisme akan terhalang oleh faktor lingkungan. Perkembangan globalisasi yang mempunyai pengaruh negatif pada siswa, seperti penggunaan internet berpengaruh pada sikap dan moral siswa. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut diatas antara lain, guru sejarah dalam pembelajaran selalu melakukan pendekatan kepada siswa agar selalu meninggalkan perbuatan yang merusak moral dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam pelajaran sejarah di setiap mengajar, dan menjadikan anak yang pintar sebagai contoh teladan di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. I. Undang-Undang, “no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Bandung: Citra Umbara, 2003.

A. Oktafani, “Peran guru sejarah dalam membentuk sikap nasionalisme peserta didik di SMAN 8 Padang.” Universitas Negeri Padang, 2019.

P. N. Lampiran III, “Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA.” MA, 59AD.

M. P. Aman, “EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH.”

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles