UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMA NEGERI 1 BAUBAU

Authors

  • Sartati Sartati SMA Negeri 1 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1282

Keywords:

Kompetensi Guru,, Rencana Proram, Pembelajaran Harian, Bimbingan Berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di sekolah tempat peneliti bekerja yaitu di SMA Negeri 1 Baubau. Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baubau. Yang menjadi subyek dalam PTS ini adalah guru SMA Negeri 1 Baubau. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RKH dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RKH apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/ penyusunan RKH dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RKH kepada para guru. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RKH. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RKH dari siklus ke siklus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. I. Undang-Undang, “no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Bandung: Citra Umbara, 2003.

Sutomo, “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di Upt Sdn Petahunan I Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruantahun Pelajaran 2015/2016,” urnal Pendidik. Agama Islam Yudharta Pasuruan, vol. 3, 2017.

P. R. INDONESIA, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN.”

D. P. Nasional, “Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005,” Tentang Standar Nas. Pendidik., 2005.

K. T. Mahartini and I. N. Suastika, “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Berbasis Tri Kaya Parisudha pada Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 10, no. 1, 2022.

H. H. Nawawi, “Metode penelitian bidang sosial,” 2005.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles