MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORRAY (CRH) PADA SISWA KELAS XI. MIA. 2 SMA NEGERI 1 SAMPOLAWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Mustapa Mustapa SMA Negeri 1 Sampolawa

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i3.1070

Keywords:

Motivasi dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran CRH

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi dan hasil belajar matematika pokok bahasan transformasi siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Course Riview Horray      (CRH). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan transformasi dengan model pembelajaran Course Review Horray (CRH) siswa kelas XI. MIA. 2 SMA Negeri 1 Sampolawa semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan pelaksanaan tindakan terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI. MIA.2 SMAN 1 Sampolawa yang berjumlah 32 orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri atas hasil lembar observasi dan hasil tes belajar.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Pada pra siklus motivasi belajar 37,50% dari seluruh siswa yang dikategorikan rendah, pada siklus I motivasi sudah meningkat menjadi 59,38% yang dikategorikan cukup. Sedangkan pada siklus II ketercapaian motivasi siswa mencapai 84,38% dari seluruh siswa yang dikategorikan sangat tinggi. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CRH memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan transformasi siswa yang ditandai dengan peningkatan rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam setiap tahap, yaitu pra siklus ketuntasan belajar hanya mencapai 31,25% kategori gagal dengan nilai rata-rata 65,16, pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,75% kategori baik dengan nilai rata-rata 74,69, dan pada siklus II ketuntasan belajar mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 93,75% kategori sangat baik siswa tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata  84,38.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horray (CRH) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pokok bahasan transformasi siswa kelas XI. MIA. 2 SMA Negeri 1 Sampolawa tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. B. Uno, “Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT,” Bumi Aksara, 2012.

C. Suhana and N. Hanafiah, “Konsep strategi pembelajaran,” Bandung PT Refika Aditama, vol. 5, no. 4, p. 3, 2014.

M. Dimyati, “Belajar dan pembelajaran,” Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

N. Sudjana, “Penilaian proses hasil belajar mengajar,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

O. Hamalik, “Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem,” 2003.

J. M. Echols and H. Shadily, “Kamus Indonesia Inggris: An Indonesian-English Dictionary Jakarta: Penerbit PT Gramedia,” 2000.

E. Suherman, “Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi,” dalam J. Pendidik. dan Budaya, pp. 17–18, 2002.

I. Kurniasih and B. Sani, “2016,” Ragam Pengemb. Model Pembelajaran Untuk Meningkat. Profesioanal Guru. Kata Pena.

A. Suprijono, “Cooperative Learning PAIKEM Edisi Revisi,” Surabaya: Pustaka Pelajar, 2012.

S. Arikunto, “Penelitian Tindakan Kelas,(Jakarta: PT. Bumi Aksara),” 2007.

K. Kasbolah, “Penelitian Tindakan Kelas Dirjen Pendidikan,” Tinggi Proy. Pendidik. Guru Sekol. Menengah, 1998.

A. Sudijono, “Statistik pendidikan,” Jakarta PT Raja Graf. Persada, 2008.

Downloads

Published

2022-09-30