TEACHER’S STRATEGY TO OVERCOME STUDENTS’ DIFFICULTIES IN LEARNING READING AT SMP SATAP NEGERI 4 KULISUSU BARAT

Authors

  • Musfira Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asti Wahyuni B Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Baharudin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i2.1059

Keywords:

strategi guru, kesulitan siswa, belajar membaca

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagai mana strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca di SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Barat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca di SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Barat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa inggris dan 30 siswa kelas VIII SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Barat. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan tes. Data dianalisis menggunakan tiga langkah yang diadopsi dari Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Baratmengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca. Terlihat bahwa kesulitan siswa yang dominan adalah dalam membuat inferensi dan menentukan rinci. Presentase siswa yang memperoleh nilai baik dalam membuat inferensi adalah 7%, rendah 13%, dan sangat rendah 80%. Sedangkan dalam menentukan inferensi rinci terdapat 7% siswa yang memperoleh nilai baik, dan 93% siswa mendapatkan nilai sangat rendah. Untuk mengatasi kesulitan siswa, guru menggunakan strategi pelatihan siswa, strategi hubungan tanya jawab (QARS), strategi menghafal, dan metode penugasan menerjemah suatu bacaan berkelompok dalam pembelajaran membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. F. Patel and P. M. Jain, English language teaching. Sunrise Publishers and Distributors, 2008.

M. C. Anderson and K. C. McCulloch, “Integration as a general boundary condition on retrieval-induced forgetting.,” J. Exp. Psychol. Learn. Mem. Cogn., vol. 25, no. 3, p. 608, 1999.

J. A. Anderson, “Critical Thinking Across the Disciplines,” 2003.

T. Nicholson and G. B. Thompson, “Reading comprehension processes,” Learn. to read Beyond phonics whole Lang., pp. 127–149, 1999.

H. D. Brown, Principles of language learning and teaching, vol. 4. Longman New York, 2000.

A. D. Prahara, “Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas tahun ajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing.” Universitas Negeri Malang, 2010.

A. Abbott, Chaos of disciplines. University of Chicago Press, 2010.

M. Celce-Murcia, “Language teaching approaches: An overview,” Teach. English as a Second or foreign Lang., vol. 2, no. 1, pp. 3–10, 2001.

R. RUMAINAH, “Undergraduate students’ reading interest and reading comprehension achievement in a state Islamic university,” Ta’dib J. Pendidik. Islam, vol. 23, no. 1, pp. 54–64, 2018.

T. G. Henry, “Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa,” Bandung: Angkasa, 2008.

J. Harmer, “How to teach English: new edition,” Harlow Pearson Educ. Ltd., 2007.

F. Grellet and G. Francoise, Developing reading skills: A practical guide to reading comprehension exercises. Cambridge university press, 1981.

H. Dalman, “Keterampilan membaca,” Jakarta Raja Graf. Persada, 2013.

N. J. Anderson, “L2 learning strategies,” in Handbook of research in second language teaching and learning, Routledge, 2005, pp. 781–796.

A. D. Cohen, “Second language learner strategies,” in Handbook of research in second language teaching and learning, Routledge, 2011, pp. 681–698.

O. Hamalik, “Kurikulum dan Pembelajaran, cet,” V. Jakarta Bumi Aksara, 2005.

J. M. Simanjuntak, “How Does Leadership Impact The Learning Effectiveness?”

P. Westwood, Reading and learning difficulties. David Fulton Publishers, 2012.

D. McGuinness, Early reading instruction: What science really tells us about how to teach reading. MIT Press, 2006.

D. Wood, “Kiat mengatasi gangguan belajar,” Yogyakarta Ar-Ruz Media Gr., 2007.

A. Ahmadi and W. Supriyono, “Psikologi Belajar, Jakarta: PT,” Rineka Cipta, 2008.

T. V Rasinski, “Commentary: Speed does matter in reading,” Read. Teach., vol. 54, no. 2, pp. 146–151, 2000.

C. Snow, S. Burns, and P. Griffin, Language and literacy environments in preschools. 1999.

J. Longan, “Reading and study skill.” New York: McGraw-Hill Companies, 2002.

D. Vener, “Landmark School outreach program: Finding the main idea.” 2019.

J. P. Sharpe, “How to Prepare the TOEFL Test 11th Edition.” Ohio, 2005.

Y. V. Wati, “TEACHER’S STRATEGIES IN OVERCOMING STUDENTS’DIFFICULTIES IN READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXTS.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

S. Susanti, “Student’s Learning Difficulties and The Strategies to Overcome at Eighth Grade Student of SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Thesis. English Education Department. State Islamic Institute (IAIN) of Tulungagung,” 2014.

M. B. Miles and A. M. Huberman, “Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft,” Educ. Res., vol. 13, no. 5, pp. 20–30, 1984.

D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

T. Yuniarsih, “Suwatno. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi Dan Isu Penelitian,” Bandung Alf., 2008.

Murtado, “Using question-answer relationships (QAR) strategy to improve the reading comprehension of the eight graders of MTs Miftahul Huda Curugbitung,” 2011.

W. Yang and W. Dai, “Rote Memorization of Vocabulary and Vocabulary Development.,” English Lang. Teach., vol. 4, no. 4, pp. 61–64, 2011.

E. A. Nida and C. R. Taber, “The Theory and Practice of Translation Leiden,” Netherlands United Bible Soc., 1974.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles