Analisa Faktor- Faktor Kesusahan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Murid Kelas X SMA Negeri 1 Batu Atas Kabupaten Buton Selatan

Authors

  • Jamal Adri Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

kesusahan belajar, Mata Pelajaran ekonomi, siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran ekonomiSiswa Kelas XSMA Negeri 1 Batu Atas meliputi sikap dalam belajar, motivasi, minat dan kesehatan; (2) faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran ekonomiSiswa Kelas XSMA Negeri 1 Batu Atas meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor penyebab kesulitan belajar ekonomisiswa Kelas X di SMA Negeri 1 Batu Atas Kabupaten Buton Selatan ini di 38,68 persen disebabkan oleh faktor internal dan 61,32 persen disebabkan oleh faktor eksternal.(2) Kesulitan belajar ekonomidari faktor internal disebabkan oleh kesehatan 38 persen, sikap dalam belajar 16 persen, motivasi 15 persen dan minat 31 persen;(3) Kesulitan belajar ekonomidari faktor eksternal disebabkan oleh Masyarakat 38 persen, sikap dalam belajar 16 persen, motivasi 15 persen dan minat 31 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Malik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung.

Nuryanto, and Zulfikar Bagus Pambuko. 2018. “Eviews Untuk Analisis Ekonometrika Dasar: Aplikasi Dan Interpretasi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-05-01