PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BAUBAU

Authors

  • azan baubau
  • wa ode eli Universitas Dayanu Iksanuddin

Keywords:

Penerapan Model Pembelajaran, kepala bernomor struktur, Pelajaran IPS KLS VIII SMP

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau? (2) Bagaimanakah dampak penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 7 Baubau, dimana persentase keterlaksanaan pada siklus I sebesar 68% mengalami peningkatan diakhir siklus II menjadi 75%. (2) Penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII2 SMP Negeri 7 Baubau. Rata-rata skor yang dicapai siswa pada siklus I adalah 70,4, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar  64% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Sugandi, dkk. (2004). Teori pembelajaran. Semarang: Unnes Press.

Agus Suprijono (2009) Cooperative learning paikem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Anonim. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas, Jakarta, Setretariat Negara

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Joyce, B., Weil, Marsha, & Calhoun, E. (2004). Models of teaching (Seventh Edition), Boston: Allyn & Bacon.

Kemmis, S & Taggart, R. (1993). The action research planner. Victoria: Deakin University.

Max Darsono. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Milles dan Huberman. (2000). Model-model analisis penelitian tindakan. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo.

Sari, Y. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Bisnis Kuliner di Kab Oku. VISIONIST, 10(1), 62–69. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmv/article/view/2034/2012

Sugiastini, I. A. F., & Yuliarmi, N. N. (2015). Pengaruh partisipasi anggota terhadap keberhasilan koperasi serba usaha di kota denpasar. E-Jurnal EP Unud, 4(3), 210–219. https://www.neliti.com/publications/44510/pengaruh-partisipasi-anggota-terhadap-keberhasilan-koperasi-serba-usaha-di-kota

Downloads

Published

2024-03-11