Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Anoa Kota Baubau

Authors

  • Rachmat Hidayat Dairi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Ima Khairani Universitas Dayanu Iksanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v10i2.672

Keywords:

metode underwood, kapasitas, tingkat pelayanan jalan, hambatan samping

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis pengelolaan manajemen lalu lintas yang terjadi pada jalan anoa dan Untuk menganalisis kapasitas yang terjadi pada dengan metode deskriptif. Penelitian survei meliputi volume lalu lintas, kecepatan, kepadatan dengan menggunakan metode underwood. Penelitian survei dilakukan selama 4 hari dan dari hasil penelitian dapat ditentukan bahwa hasil kapasitas masih renggang dimana kendaraan dapat berjalan dengan lancar dengan diketahui nilai LOS nya dalam kondisi C yakni arus stabil, kecepatan serta kebebasan bermanuver rendah dan mengubah lajur dibatasi oleh kendaraan lain tetapi masih berada pada tingkat kecepatan yang memuaskan, biasa dipakai untuk desain jalan perkotaan dan untuk hambatan samping khususnya pada jalan anoa pos 3 kelurahan waliabuku merupakan kondisi yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Risdiyanto. 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas Teori dan Aplikasi Yogyakarta : LeutikaPrio.

Syafruddin Rauf. (2003). Analisis Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Arteri Primer Ir.Sutami Makassar. Skripsi, tidak diterbitkan. Makassar : Fakultas Teknik Sipil Universitas Hasanuddin Makassar.

Tamin, O. Z. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi I. Bandung : ITB

Tamin, Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Edisi Kedua. Bandung : Penerbit ITB

Warpani, Suwardjoko P. Pengelolaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Bandung : Penerbit ITB.

Downloads

Published

2021-10-26