ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG PANCANG PADA TANAH GRANULAR MENGGUNAKAN METODE STATIS DAN DINAMIS

Authors

  • Hartini Hartini Universitas Dayanu Iksanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v10i1.665

Keywords:

Kapasitas Dukung Tiang Pancang, Tanah Granular, Metode Statis, Metode Dinamis

Abstract

Dalam mencari nilai daya dukung tanah dapat digunakan beberapa metode yang sangat beragam, dengan menggunakan berbagai data parameter tanah. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas dukung tiang pancang pada tanah granular dengan menggunakan metode statis dan metode dinamis. Dalam penelitian ini penentuan kapasitas dukung metode statis berdasarkan data tanah N-SPT dan metode dinamis berdasarkan data hasil kalendering dengan menggunakan alat pancang Diesel Hammer DD-55. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa nilai kapasitas dukung menggunakan metode dinamis mendapatkan hasil yang lebih besar dibandingkan menggunakan metode statis. Pada metode statis, metode Brom mendapatkan hasil yang lebih besar dari pada menggunakan metode Poulus dan Davis. Dan pada metode dinamis, metode ENR mendapat hasil yang lebih besar dari pada metode Hilley.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fisika Kuliah, (2016). Tabel Modulus Elastisitas, diakses : https://fisikazone.com/modulus-elastisitas/

Hardiyatmo, HaryChristady. (2006). Teknik Pondasi II, Cetakan ke 3, Yogyakarta.

Jaya, D.D. (2016). Analisis daya dukung tiang pancang pada pembangunan manado town square iii. Skripsi, tidak diterbitkan. Manado : Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi.

Lukman, H. (2017). Rasio daya dukung tiang pancang berdasarkan hasil kalendering. Skripsi, tidak diterbitkan. Bogor : Fakultas Teknik Universitas Pakuan.

Maldini, A.R. (2018). Data spesifikasi alat pancang DD55, diakses : https://id.scribd.com/document/378234271/Data-Spesifikasi-Alat-Pancang-Dd55

Poulus, H.G. & Davis, E.H. (1980). Piles Foundation Analysis and Design, John Willey & Sons, New York.

Randyatno, E.S. (2015). Analisis daya dukung tiang pancang pada pembangunan manado Town Square III. Skripsi, tidak diterbitkan. Manado : Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi.

Reese, L.C. & Van Impe, W.F. (2001). Single Piles and Pile Group Under Lateral Loading. Balkema, Rotterdam, Netherlands.

Santoso, R.D. (2017). Analisa daya dukung tiang pancang statis dan dinamis pada bendungan gerak sembayat gresik. Skripsi, tidak diterbitkan. Lamongan : Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan.

Tomlinson, M.J. (1977). Pile Design and Construction Practice, The Garden City Press Limited, Lechworth, Hertfordshire SG6 1JS.

Downloads

Published

2021-05-24