ANALISA KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI PASAR SABHO KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON

Authors

  • Rachmat Hidayat Dairi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v8i1.632

Keywords:

Pasar Sabho, Parkir, Karakteristik Parkir, Kebutuha Parkir

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana karakteristik parkir kendaraan roda dua dan roda empat di pasar sabho saat ini dengan tujuan yaitu untuk mengetahui karakteristik lahan parkir roda dua dan roda empat di pasar sabho. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah melakukan survey langsung di pasar sabho dengan mengetahui masuk keluarnya kendaraan roda dua dan roda empat untuk mendapatkan data kendaraan. Dari data kendaraan kemudian di analisis untuk mendapatkan akumulasi, durasi, volume parkir, tingkat pergantian parkir, indeks parkir serta kebutuhan ruang parkir. Hasil analisis diperoleh karakteristik parkir untuk motor dan mobil memiliki akumulasi parkir tertinggi sebesar 39 kendaraan dan 11 kendaraan , durasi kendaraan parkir maksimum masing masing berkisar kurang dari 1 jam , volume parkir tertinggi sebesar 262 kendaraan roda dua dan 36 pada kendaraan roda empat, tingkat pergantian parkirĀ  maksimum untuk motor sebesar 6,55 dan 3,42 untuk mobil dan indeks parkir sebesar 90% untuk kendaraan roda dua dan 75% untuk kendaraan roda empat serta kebutuhan ruang parkir diperoleh sebesar 3,41 SRP untuk motor dan 1,15 SRP untuk mobil, sedangkan kapasitas parkir adalah sebesar 40 SRP kendaraan roda dua dan 12 SRP untuk kendaraan roda empat. Hal ini menunjukan bahwa kebutuhan ruang parkir masih dapat memenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dayana, E.2012. Analisis Kebutuhan Parkir Kendaraan di Bandara Husein Sastranegara. Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Lingkungan. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Dapertemen Perhubungan. 1994. Keputusan Menteri perhubungan No. KM. 4 Tahun 1994 tentang Tata Cara Parkir Kendaraan Motor Dijalan. Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

Elmia Susanna Br Tarigan. 2004. Evaluasi tata letak (layout) dan kapasitas parkir kendaraan sepeda motor di universitas atma jaya yogyakarta kampus III gedung bonaventura. Yogyakarta.

Hobbs. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Diterjemahkan oleh Suprapyo Tmdan Waldjjino. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Mariani, Since dan Irdayanti B.2010. Karakteristik Kebutuhan Parkir Pada Hotel Bintang Tiga di Makassar. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar.

Mhd. Syukron hartanto edy akhyari suradji. 2004. Efektivitas Pengelolaan Parkir Di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Morlok, E.K. (1998). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga: Jakarta

Munawar, Ahmad. 2006. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta Offset, Jogjakarta.

Pignataro, L.J. 1973. Traffic Engineering Theory And Paractice. Prentice Hall Englewood Cliffs. New Jersy.

Poerwadarminta, W.J.S. 1976. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarata.

Downloads

Published

2019-05-28