Tingkat Kepuasan Pelanggan Dan Proyeksi Kebutuhan Air PDAM Di Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan

Authors

  • Rachmat Hidayat Dairi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v7i2.610

Keywords:

Kinerja Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Proyeksi Kebutuhan Air Bersih

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan proyeksi kebutuhan air bersih sepuluh tahun kedepan dilokasi yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Buton, tepatnya pada 6 Desa/Kelurahan di Kecamatan Batauga untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kinerja PDAM dengan penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu penelitian dengan menggunakan data primer dan sekunder. Serta melakukan penelitian dengan menggunakan data primer untuk mengetahui pengembangan jaringan distribusi, sehingga perlu adanya proyeksi jumlah penduduk untuk pengembangan jaringan distribusi air minum tahun 2027 mendatang. Dari hasil penelitian ini bahwa kinerja jaringan pelayanan PDAM dan tingkat kepuasan pelanggan belum sepenuhnya memenuhi standar secara kuantitas dan kontinuitas, sedangkan pada kualitas air bersih (100%) responden merasa puas terhadap rasa, warna, dan bau air. Dan pada proyeksi kebutuhan air bersih tahun 2027 mata air baku PDAM tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga Kecamatan Batauga dikarenakan pada tahun 2027 diperkirakan sekitar 15,39 liter/detik atau sekitar 1.329.480 liter/hari, sedangkan sumber air baku menghasilkan 15 liter/detik atau 1.296.000 liter/hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Safii, 2012. Evaluasi jaringan Sistem Penyediaan Air Bersih Di PDAM Kota Lubuk Pakam. Universitas Sumatra Utara. Diakses 22 Juni 2013. (http://www.psychologymania.com/2012/09

Akbar, A., 2005, Evaluasi Dan Rencana Pengembangan Sistem Distribusi Air Bersih Di Kota Soasio Kabupaten Halmahera Tengah, ITS, Surabaya.

Depkes RI, 2002. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.907/MENKES/SK/VII/2002 tentang syarat-syarat dan pengawasan Kualitas Air Minum.

Dian Vita Agustina, 2007. Tesis. Evaluasi Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik Di Perumnas Banyumanik (Studi Kasus Perumnas Banyumanik Kel. Srondol Wetan). Universitas Diponegoro Manajemen Dan Rekayasa Insfrastruktur Semarang 2007. Diakses 07 Juni 2013.

Drs. NADIR, MM.Pd. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Selatan : Data Penduduk Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan.

Hasima, Kepala Unit IKK Laompo : Dat PDAM Kabupaten Buton Unit IKK Laompo Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan

Heramawan Arisribowo, 2006. Studi Perencanaan Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih PAM di Kecamatan Mojokerto Kota Kediri Dengan Menggunakan Program WaterCAD 4.5. Skripsi Jurusan Teknik Pengairan. Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya 2006. Diakses 18 Juni 2013.

Laju pertumbuhan penduduk geometric, Rumus Statistik. Menghitung jumlah sampel, (Slovin, 1960) dalam (Sevilla ConsueloG, 1993).

La Ode Haris Sumba, S.ST, Kepala BPS Kabupaten Buton, DC : Batauga Dalam Angka 2017.

Menghitung laju pertumbuhan penduduk adalah (Qasim, motley, dan Zhu, 2006, p.64)

Menghitung jumlah populasi menggunakan sampel dengan rumus, (Slovin, 1960 ) dalam (Sevilla ConsueloG,1993).

Peraturan Menteri Kesehatan No.416 Tahun 1990. Penyediaan air bersih harus memenuhi dua syarat yaitu kuantitas dan kualitaas (Depkes RI, 2005 Tengku Hera Zafiea, 2011) dalam (Budi Wiyoso,2001).

Persamaan dalam menghitung laju pertumbuhan penduduk, (Qasim, Motley, & Zhu, 2000,p.64).

Ray, K. Linsley, Joseph B. Franzini (Djoko Sasongko) Teknik Sumber Daya Air, jilid 1 (satu) dan 2 (dua).

Sekar Utari 2010. Evaluasi dan Pengembangan Jaringan Distribusi Air Minum Perusahaan Daerah Air (PDAM) Pondok Ungu Bekasi. Skripsi, tidak diterbitkan. Depok : Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2018-10-24