Pengujian Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test) Pada Stabilisasi Tanah Lunak Menggunakan Campuran Kapur Alam Dan Abu Sekam Padi

Authors

  • Ahmad Gasruddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v7i2.609

Keywords:

Perbaikan Tanah, Kapur Alam, Abu Sekam Padi, Stabilisasi Tanah, Kuat Tekan Bebas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa campuran terbaik antara kapur alam dan abu sekam padi pada stabilisasi tanah lunak, serta mengetahui kuat tekan bebas (unconfined compression test) tanah lunak menggunakan campuran kapur alam dan abu sekam padi. Penelitian dimulai dengan melakukan pengambilan sampel tanah dan pengujian di laboratorium guna mengetahui nilai index properties menggunakan uji Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test). Sampel tanah terdiri dari lima variasi campuran terdiri dari tanah asli, tanah dengan tambahan kapur alam 2%, tanah dengan tambahan kapur alam 2% dan abu sekam padi 2%, tanah dengan tambahan kapur alam 2% dan abu sekam padi 5% dan tanah dengan tambahan kapur alam 2% dan abu sekam padi 10%. Dari uji kuat tekan bebas tanah diperoleh nilai  kuat tekan tanah pada masa pemeraman selama tiga hari sebesar 0,22  kg/cm², pemeraman selama tujuh hari sebesar 0,26 kg/cm2 dan pemeraman selama empat belas hari sebesar 0,29 kg/cm2. Setelah tanah distabilisasi dengan berbagai variasi abu sekam padi diperoleh kesimpulan bahwa material abu sekam padi efektif berfungsi dapat menstabilisasi tanah dengan nilai kuat tekan bebas tertinggi pada variasi campuran TANAH + 2%  KPR + 10% ASP dengan masa pemeraman selama empat belas hari yaitu dengan nilai kuat tekan bebas sebesar  0,33 kg/cm2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, I., (2011). Pemanfaatan Abu Sekam Padi sebagai Pengganti Semen pada Metoda Stablisasi Tanah Semen, Jurnal Rekayasa,Vol.15,No.1(Online), (http://ftsipil.unila.ac.id/ejournals/index.php/jrekayasa/article/download/107/pdf).

Alhassan, M. dan Mustapha, A.,(2007). Effect of Rice Husk Ash on Cement Stabilized Laterite. Leonardo Electronic Journal of Practices and Technologies, Issue 11, p. 47-58.

ASTM C 618-92a, Standard Specification of Pozzolan.

ASTM International.(2005). Standard Test Method for Laboratory Determination of Water (Moisture) Content of Soil and Rock by Mass (ASTM D 2216), United State : ASTM International.

Bowles, E.J. (1989). Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. PT. Erlangga. Jakarta.

Das, B. M., (1994). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayas Geoteknis) Jilid I.Jakarta: Erlangga.

Das, B. M., (1994). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayas Geoteknis) Jilid II.Jakarta: Erlangga.

Fadillah, N.,(2014). Pengujian Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test) Pada Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Campuran Semen dan Abu Sekam Padi,Tugas Akhir, Bidang Studi Geoteknik, Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Hardiyatmo, H. C., 1992. Mekanika Tanah Jilid I & II. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyowati, A., 2014. Daya Dukung Tanah Lempung Yang Distabilisasi Dengan Spent Catalyst RCC 15 dan Kapur, Jurnal Bentang Vol.2,No.1(online)

Sucipto E.(2007). Hubungan Pemaparan Partikel Debu Pada Pengolahan Batu Kapur Terhadap Penurunan Kapaistas Fungsi Paru Studi Kasus di Desa Karangdawa Kecamatan Margasri Kabupaten Tegal. [Tesis] Semarang: UNDIP.

Downloads

Published

2018-10-24