Kajian Banding Kuat Tekan Beton Yang Menggunakan Material Pasir Batauga Dan Pasir Pasarwajo

Authors

  • Hartini Hartini Universitas Dayanu Iksanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v6i2.597

Keywords:

Pasir, Kerikil, Beton, Kuat Tekan

Abstract

Penggunaan beton sebagai pilihan dalam pembuatan bangunan konstruksi saat ini sudah sangat meluas. Untuk menghasilkan suatu konstruksi beton yang sesuai dengan kebutuhan, perlu diteliti dan diketahui kualitas bahan yang digunakan. Penggunaan agregat ditingkat masyarakat belum didukung pemahaman atau pengetahuan yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan dengan didukung data-data. Oleh karena itu, dilakukan penelitian penggunanaan material pasir Batauga dan pasir Pasarwajo pada campuran beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kuat tekan yang dihasilkan dari penggunaan pasir yang berbeda terhadap mutu beton yang direncanakan. Penelitian ini menggunakan benda uji berbentuk kubus dengan ukuran 15 x 15 x15 cm. Jumlah benda uji yang direncanakan adalah 15 buah untuk masing-masing jenis agregat halus (pasir) yang digunakan, dan pengujian dilakukan pada umur 7, 14, dan 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan uji kuat tekan beton yang diperoleh dengan menggunakan pasir Batauga lebih besar nilainya daripada dengan menggunakan pasir pasarwajo. Dimana kuat tekan menggunakan pasir Batauga adalah 236,07% dan menggunakan pasir Pasarwajo sebesar 226,86 %. Namun secara umum kedua proporsi campuran tersebut masuk dalam mutu beton yang direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Muharrar, 2006, Uji Kelayakan Agregat Asal Poleang Timur Untuk Mix design Beton, Fakultas Teknik UNHALU, Kendari.

Anonim, 1990, Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal (SK SNI T-15-1990-03 ), Departemen Pekerjaan Umum, Yayasan LPMB, Bandung.

Ardiyanti, Nur Fatmah dan Muta’al Kramahyanty, 2002, Studi Pemakaian PPC dan PMC untuk Beton, Fakultas Teknik Jurusan Sipil UMI, Makassar

Dipohusudo, Istimawan, 1999, Struktur Beton Bertulang, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mulyono, Tri., 2005, Teknologi Beton, ANDI,Yogyakarta.

Murdock, L.J. dan Brook, K.M., 1999, Bahan Dan Praktek Beton, Edisi ke Empat, Erlangga, Jakarta.

Tjokrodimuljo, K., 2007, Teknologi Beton, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-10-24