Analisis Kebutuhan Parkir Pelabuhan Laut Kadatua

Authors

  • Rachmat Hidayat Dairi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v12i2.1437

Keywords:

Kendaraan, Ruang Parkir, Pelabuhan

Abstract

Penelitian bertujan untuk mengtahui kebutuhan akan ruang parkir kendaraan motor dan mobil di Kawasan Pelabuhan Laut kadatua dan model ruang parkir. Metode yang digunakan untuk menentukan kebutuhan parkir adalah analisis berdasarkan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan kendaraan pada lokasi parkir. Kemudian di analisis sesuai dengan persamaan-persamaan yang telah ditentutan oleh direktorat jendral perhubungan tentang perparkiran kendaraan. Hasil penelitian Dari luas area pelabuhan 600 m2, didapat ruang parkir untuk kendaraan roda dua sebesar 66 ruang parkir dan kendaraan roda empat sebesar 20 ruang parkir dan Model ruang parkir di pelabuhan Laut Kadatua, Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan untuk kendaraan roda dua dan roda empat menggunakan sudut 900

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, I. Dkk, (1998). Pedoman Perencanaan Dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Anisa (1998). Pedoman Tekinis Penyelenggaraan Fasilitas Fasilitas Parkir. Bandung: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Departemen Perhubungan Darat (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.Pengoperasian Fasilitas Parkir Jakarta.

Dinas Perhubungan. (1996). Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 272/HK.105/DRJD/96 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta: Dinas Perhubungan.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. (1998). Pedoman Teknis Perencanaan Dan Pengoperasian Parkir. Jakarta: Direktorat Bima Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota.

Direktorat Perhubungan Darat. (1996). Status Parkir. Jakarta: Departemen Perhubungan.

Hobbs. (1995). Perencanaan Dan Teknis Lalu Lintas. Diterjemahkan Oleh Suprapyo Tmdan Waldjino. Gajah Madah University Press. Yogyakarta.

Jusrita Angga Dan Inda Farida. (2016). Penataan Dan Penanganan Parkir Pada Badan Jalan Sepanjang Ruas Cimanuk Kabupaten Garut. Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Jurnal Konstruksi, 14(1), 25-34.

Miro. (1997). Parkir Ditepi Jalan Dan Parkir DiluarJalan. Jakarta : Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

Menteri Perhubungan Nomor: KM No 66 Tahun (1993). Tentang Fasilitas Parkir Untuk Umum.

Syarifudin. (2017). Pemanfaatan lahan parkir dan penataan parkir Jurnal Pemanfaatan Parkir sekolah tinggi teknologi garut. 16 (40), 39-42.

Downloads

Published

2023-10-25