Studi Faktor Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Pekerja Pada Proyek Konstruksi Gedung Di Kota Baubau

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v12i1.1235

Keywords:

motivasi, pekerja, produktivitas, proyek konstruksi

Abstract

Salah satu kunci utama proyek konstruksi dikatakan berhasil karena adanya pekerja lapangan yang bekerja dengan keterampilan tertentu dan keahlian yang dimiliki sehingga menunjang tercapainya produktivitas proyek konstruksi. Produktivitas menjadi tolak ukur dalam proses konstruksi. Turunnya produktivitas pekerja salah satu penyebabnya yaitu kurangnya motivasi. Pemberian motivasi kepada pekerja konstruksi akan membangkitkan minat, hasrat dan kemampuan agar pekerja dapat meningkatkan produktivitasnya. Penyedia jasa konstruksi seringkali mendapatkan kendala berupa rendahnya motivasi pekerja, sedangkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan agar hasil tercapai sangat diperluan sebuah motivasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi mempengaruhi produktivitas pekerja dan mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi produktivitas pekerja proyek konstruksi Gedung di Kota Baubau. Secara simultan motivasi berpengaruh terhadap produktivitas pekerja terlihat dari nilai F hitung 6,214 > 2,498 (F tabel). variabel motivasi kerja yang paling dominan mempengaruhi produktivitas pekerja yaitu kebutuhan rasa aman sebesar 37,1% yang berarti diperlukan jaminan keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan meningkatkan produktivitas pekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ervianto, W. I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi (edisi revisi). In Andi offset.

Ervianto, W. I. (2009). Pengukuran Produktivitas Kelompok Pekerja Bangunan Dalam Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Gedung Bertingkat di Surakarta). Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 9(1), 31–42. http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/uaj/article/viewFile/17543/17648

Hasibuan, M. S. P. (2010). Organisasi dan Motivasi–Dasar Peningkatan Produktivitas. PT. Bumi Aksara.

Kerzner, H. (2017). Project management: a systems approach to planning, scheduling, and controlling. John Wiley & Sons.

Musmawarny, E., & Soekiman, A. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Tukang Pada Beberapa Proyek Konstruksi di Kota Bandung. Seminar Nasional Teknik Sipil, V.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia (Untuk Bisnis Yang Kompetitif). Gajah Mada University Press.

Robbins, S. P., & Timoty, A. J. (2012). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Siagian, S. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja (1st ed.). PT. Rineka Cipta.

Siriwardana, C., & Ruwanpura, J. (2012). A Conceptual Model to Develop a Worker Performance Measurement Tool to Improve Construction Productivity. https://doi.org/10.1061/9780784412329.019

Soekiman, A., & Purbasakti, B. U. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pekerja Terampil di Industri Konstruksi (168K). Konferensi Nasional Teknik Sipil, 7.

Downloads

Published

2023-05-24