Penegasan Bhineka Tunggal Ika dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegaraguna Memperkuat Wawasan Nusantara

Authors

  • La Ode Abdul Munafi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Bineka Tunggal Ika, perekat kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara

Abstract

Bangsa Indonesia dikaruniai khasanah kekayaan, baik berupa kekayaanalam maupun budaya.Khasanah kekayaan alam terefleksi melalui sumber daya alam yang melimpah, baik di darat maupun di laut.Kekayaan budaya memanifestasi dalam bentuk kebhinekaan ras, suku, budaya, maupun sistem kepercayaan.Guna mempertahankan kohesi kebangsaan, maka kekayaan budayadalam berbagai dimensinya yang dimiliki bangsa Indonesia perlu dikelola secara arif agar potensi positif yang terkandung di dalamnya dapat teraktualisasi secara baik dan benar.Sehubungan dengan hal tersebut, Bhineka Tunggal Ika yang menjadi salah satu pilar kebangsaanperlu terus dikuatkan sebagai perekat kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2014.Bahan Tayang Materi Sosialisasi Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD-NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Jakarta, Setjen MPR-RI.

Anonim, 2014.Panduan Pemasyarakatan UUD-NRI 1945 dan Ketetapan MPR-RI.Jakarta, Setjen MPR-RI.

Munafi, La Ode Abdul, 2012. Kemajemukan dalam Kesatuan Indonesia.“Opini”.Harian Radar Buton dan Baubau Post edisi 18 dan 19 September 2012.

Munafi, La Ode Abdul, 2014. Pancasila Terpinggirkan?; Refleksi atas Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2014. “Opini”.Harian Buton Pos dan Baubau Post, edisi 4 dan 5 Juni 2014.

Misrawi, Zuhairi, 2016. Membangun Republik Toleran; Ancaman Radikalisasi dan Harapan Membangun Islam Rahmatan lil Alamin.“Makalah”, disampaikan dalam Konferensi Jaringan Antar-Iman Indonesia Regio Sulawesi.Makassar, 3 Agustus 2016.

Mahfud, Choirul, 2014. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rahardjo, M. Dawam, 2010. Merayakan Kemajemukan, Kebebasan, dan Kebangsaan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Suparlan, Parsudi, 2002. Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural, “Makalah” yang disampaikan dalam Simposium Antropologi ke-3.Denpasar–Bali, 16-21 Juli 2002.

Wahidin, Samsul, 2012. Pokok-Pokok Pendidikan Kewarganegaraan.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-11-01