Efektivitas Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (ISK) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Baubau

Authors

  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Yerni Febriani Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.184

Keywords:

pembelajaran interaktif, kooperatif, isk, kemampuan komunikasi matematis

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Interaktif setting kooperatif (ISK) lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Baubau? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Interaktif setting kooperatif (ISK) lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kepada kedua kelompok untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji beda rata-rata (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil uji normalitas, pada kelas eksperimen diperoleh nilai signifikan 0,781> 0,05 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai signifikan 0,705 > 0,05. Hal ini berarti bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. 2) Hasil uji homogenitas, nilai Fhitung = 0,144 dengan signifikan = 0,706> 0,05.Hal ini berarti bahwa data tes kemampuan komunikasi matematis siswakedua kelas tersebut homogen. 3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda rata-rata (uji-t)diperoleh nilai thitung = 2,160 dengan df = 56 dan signifikan pada 0,035> 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran Interaktif setting kooperatif (ISK) lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuankomunikasi matematis siswaSMP Negeri 2 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sagala, S. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta.

Mahmud, D.A., & Hartono (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif Dan Ditinjau Dari Motivasi, sikap dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal riset pendidikan matematika (vol. 1 N0. 2 November 2014 p. 188-201) Publiser Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri yogyakarta.

Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud. Dimuat dalam Https://id.wikipedia.org/wiki/Pendekatan_saintifik&hl=id-ID.(Diakses tanggal 09 Mei 2019)

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Dimuat dalam Https://id.wikipedia.org/wiki/Pendekatan_saintifik&hl=id-ID. (Diakses tanggal 09 Mei 2019)

Asnawati, S., (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments. Jurnal euclid. ISSN: 2355-1712. Vol. 3, No.2, P. 474-603

Yuniarti, Y., (2014). Pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Eduhumaniora. Vol. 3, No,2, P:109-114.

Sukoco, H,. (2014). Efektivitas pendekatan Brain-Based Learning (BBL) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal agrisains. ISSN: 2086-7719. Vol.5, No.2, P:148-165.

Hodiyanto, (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Adhmathedu. ISSN: 2088-687X. Vol.7, No.1, P: 9-17

Diandita, E.R., dkk, (2017). Kemampuan komunikasi matematis dan metakognitif siswa SMP pada materi lingkaran berdasarkan gender. Jurnal pendidikan matematika. Vol.11, No.2, P: 79-97.

Siompo, B. (2018). Efektivitas model pembelajaean interaktif setting kooperatif (ISK) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTS Shuffah Hizbullah Oli pada materi kubus dan balok. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon. ISBN 9 786025 185700, P: 43

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Lestari, D., & Febriani, Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (ISK) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 131-135. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.184

Issue

Section

Articles