Efektifitas Generalisasi Matematis Siswa ditinjau dari Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan Wingeom

Authors

  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.272

Keywords:

generalisasi matematis, geometri, pendekatan SAVI, wingeom

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan generalisasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran geometri dengan pendekatan SAVI berbantuan Wingeom lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas IX SMP Negeri 5 Wangi-Wangi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (pretest-posttest control group desain). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri  5 Wangi-Wangi tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas pararel yaitu kelas IX.A dan IX.B dengan jumlah total siswa 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu siswa kelas IX.A yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen  dan IX.B  yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2018/2019. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa 1) rata-rata kemampuan generalisasi matematis siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 47,61; 2) rata-rata kemampuan generalisasi matematis siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 79,00; 3) rata-rata kemampuan generalisasi matematis siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 54,57; 4) rata-rata kemampuan generalisasi matematis siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 75,00; 5) berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t sebesar -4,241 dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 sehingga H0 ditolak.  Lebih lanjut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan generalisasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran geometri dengan pendekatan SAVI berbantuan wingeom lebih baik dari pada pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas IX SMP Negeri 5 Wangi-Wangi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/SM5EQ

Dewi, A. S. . (2011). Penerapan Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fatimah, Suyadi, B., & Sedyati, R. N. (2013). Pengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63010/Fatimah.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nurmanita, & Surya, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Himpunan. https://www.researchgate.net/publication/321825149

Pratiwi, M., & Septia, T. (2016). Efektivitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom Pada Materi Geometri. Jurnal Lemma, III(1).

Sa’adah, W. N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/2273/1/SKRIPSI_WIDAYANTI__NURMA_SA%27ADAH.pdf

Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sutama, I. K., Suharta, I. G. P., & Suweken, G. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMA Berdasarkan Teori van Hiele Berbantuan Wingeom Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Warsitasari, W. D. (2015). Berpikir aljabar dalam pemecahan masalah matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.161

Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Gajah Mada University Press.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(April).

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Azis, A. (2020). Efektifitas Generalisasi Matematis Siswa ditinjau dari Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan Wingeom. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 163-172. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.272

Issue

Section

Articles