Investigasi Perkembangan Belajar Siswa Kelas V dalam Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Authors

  • Asrammadan Asrammadan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.262

Keywords:

investigasi, operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Waruruma Tahun Pelajaran 2019/2020.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Soal tes yang diberikan berbentuk soal uraian yang terdiri dari lima soal.Soal ini diberikan setelah siswa menerima materi tentang pecahan dari guru pada pembelajaran sebelumnya yang nantinya digunakan sebagai sumber data untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan.Pedoman wawancara digunakan sebagai acuan dalam melakukan wawancara yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes awal yaitu dengan memberi tes uraian dan lembar observasi, tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kemudian data yang diperoleh akan dijadikan dasar dalam menjawab masalah penelitian. Setelah itu siswa diberi tes akhir untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa terhadap operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan.  Hasil dari penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan.Adapun kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: 1) kesalahan dalam penggunaan teorema (K4), 2) penyelesaian yang tidak diperiksa kembali (K5), 3) kesalahan dalam perhitungan (K6).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Diezmann, C.M., Watters,J. J., & English, L.D. (2001). Implementing Mathematical Investigation swith Young Children. Proceedings 24th Annual Conferenceof the Mathematics Education Research Group of Australasia, 170–177.

Febriani V.C (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X SMK Kanisius 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma,

Hasan, 2000. KBBI. Jakarta:BalaiPutaka.

Rahma, Nur. 2016. Investigasi Dalam Proses Pembelajaran Matematika.Jurnal Ilmu Kependidikan. Volume 5. No 1

Sugiyono (2011). Metode Peneltian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Yeo, J.B.W. (2014). Matematika Investigasi Proficien cyantara Singapura

Sekunder. Tenggara Matematika Asia Education Journal, 4(1),3–21.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Asrammadan, A., & Armin, R. (2020). Investigasi Perkembangan Belajar Siswa Kelas V dalam Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 96-100. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.262

Issue

Section

Articles