Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau

Authors

  • La Ade Paria SMA Negeri 3 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.190

Keywords:

problem based learning, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau tahun pelajaran 2019/2020. Dari populasi yang ada, maka sampel dalam penelitian ini adalah sama, yaitu kelas XII IPA2 yang berjumlah 27 orang. Berdararkan hasil observasi dan evaluasi pada setiap tindakan siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 3 Baubau. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes awal ke tindakan siklus I yang  meningkat dari 60 menjadi 66,85 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,33. Peningkatan nilai rata-rata ini juga sejalan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 14,81% pada tes awal menjadi 55,56% pada siklus I, dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,84%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji, Nahrowi & Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. UPI PRESS: Bandung.

Amir, Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Prenada Media Group: Jakarta.

Anitah, Sri. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka: Jakarta.

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. CV. Yrama Widya: Bandung

Aqib, Zainal. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, TK. CV Yrama Widya: Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2007). PenelitianTindakan kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Basuki, Ismet & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Hanafiah & CucuS. (2009). Konsep Strategi Pengajaran. PT. Refika Adiatma: Bandung.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Karso. dkk, (2009). Pendidikan Matematika 1. Universitas Terbuka: Jakarta.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasikan Kurikulum 2013. Kemendikbud RI: Jakarta.

Kemendikbud. (2014) Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan: Jakarta.

Kurniasih, Imas & Berlin S. (2014). RPP. Kata Pena: Yogyakarta.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers:Jakarta.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Sagala, S. (2013). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Sani, Ridwan Abdulah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara: Jakarta.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Saodi, Ondi & Suherman Aris. (2012). Etika Profesi Keguruan. Refika Adiatma: Jakarta.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Sumantri, Muhamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS. Prenadamedia Group: Jakarta.

Suwangsih, Erna & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS: Bandung.

Taufiq, Agus. dkk. (2012). Modul Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.

Tim Penyusun. (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika:Jakarta.

Trianto. (2009). Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Group: Jakarta.

Purwanto, Ngalim. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Wardhani, I.G.A.K. dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.

Yamin, Martinis. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. GP Press Group: Jakarta.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Paria, L. A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 10-21. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.190

Issue

Section

Articles