Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Baubau

Authors

  • Icha Puspta Saputri Ode Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.270

Keywords:

pemahaman konsep matematis, kemampuan metakognisi

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan memahami konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan memahami konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan kategori kemampuan metakognisi sangat tinggi dapat memenuhi semua indikator secara lengkap yaitu indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep, mengidenfikasi sifat-sifat operasi atau konsep, menerapkan konsep secara logis, memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari, menyajikan konsep dalam berbagi macam bentuk operasi representasi matematis, mengembangan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. siswa dengan kategori kemampuan metakognisi tinggi hanya dapat memenuhi lima indikator dari enam indikator. Dan  siswa dengan kategori kemampuan metakognisi sedang hanya dapat memenuhi satu indikator yaitu memberikan contoh atau dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chairani, Z. (2016). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Deepublish.

FITRI INDRAYATI NINGSIH, F. I. N. (2019). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Mustika, A., Bharata, H., & Caswita, C. (2014). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(6).

Ratnawati, S. (2018). FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2).

Riyadi, I., & Nugrahaningsih, T. K. (2015). Model Pembelajaran Membaca Pemahaman Berbasis Strategi Belajar Metakognisi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.

Sidiq, I. M. (2014). Analisis Kebutuhan Materi Inti Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Struktur Di Departemen Pendidikan Teknik Sipil Fptk Upi.

Sutini, N. R., & Krismayani, I. (2019). Responsivitas Pustakawan Dalam Mengembangkan Layanan Referensi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(1), 238–247.

Yati, N., Retni, S. B., & Afreni, H. (2015). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal pada materi virus di SMA Negeri 3 kota Jambi. Jurnal FKIP Biologi, 1–13.

Yuliani, Y., Nurjhani, M., & Suhara, S. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pemanasan Global. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(1), 41–47.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Ode, I. P. S., & Iriana, A. (2020). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 145-151. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.270

Issue

Section

Articles