Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa

Authors

  • Ivan Abdillah Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sardin Sardin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.265

Keywords:

investigasi, operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas  pembelajaran Google Classroom ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 3,455. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db= 54 yaitu 1,673. Berdasarkan nilai thitung> ttabel maka  di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom terdapat perbedaan/efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lestari, Dian & Sardin. 2020. Efektifitas model pembelajaran Knisley terhadap penalaran matematika siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika

Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik dekskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media

Rosnawati, R. (2011). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Sardin. (2015). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran GI dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Peluang, Kemampuan Penalaran, dan Sikap Siswa terhadap Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10- Nomor 2, Desember 2015, (189-200)

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, Sri T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 1, April 2015.

Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatulloh.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI

Wibisono, Y. 2005. Metode Statistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Abdillah, I., & Sardin, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 115-118. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.265

Issue

Section

Articles