Analisis Kesalahan Siswa dalam Meyelesaikan Soal Cerita Perkalian dan Pembagian Pecahan Berdasarkan Metode Newman pada Siswa Kelas V SD Ngeri 2 Nganganaumala

Authors

  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sulastriyani Sulastriyani Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.186

Keywords:

analisis kesalahan newman, perkalian dan pembagian pecahan dan soal cerita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahanberdasarkan metode analisis kesalahan Newman; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materipecahanberdasarkan metode analisis kesalahan Newman.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VB  SD Negeri 2 Nganganaumala yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Hasil analisis data yang diperoleh dari nomor 1, kesalahan memahami (25%), kesalahan transformasi (25%), kesalahan keterampilan proses (12,5%) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (12,5%). Pada soal nomor 2, didapatkan kesalahan memahami sebesar (33%), kesalahan transformasi (71%), kesalahan keterampilan proses (87%), dan kesalahan penulisan (87%). Pada soal nomor 3 didapatkan kesalahan memahami sebesar (25%), kesalahan transformasi (8%), kesalahan keterampilan proses (67%), dan kesalahan penulisan (79%). Pada soal nomor 4 didapatkan kesalahan memahami sebesar (75%), kesalahan transformasi (75%), kesalahan keterampilan proses (75%), dan kesalahan penulisan (79%). Pada soal nomor 5 didapatkan kesalahan memahami sebesar (96%), kesalahan transformasi (96%), kesalahan keterampilan proses (100%), dan kesalahan penulisan (100%). Hal ini menunjukan kesalahan yang dilakukan sangat beragam, pada yang soal yang torgolong mudah, sebagian besar melakukan kesalahan transformasi dan keterampilan proses, sedangkan pada soal yang tergolong sedang, sebagian besar melakukan kesalahan transformasi dan keterampilan proses, dan pada soal yang tergolong sulit, sebagian besar siswa melakukan kesalahan memahami serta kehabisan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (1989). Studi Tentang Presentasi Tentang Presentasi Siswa Kelas VI SD Negeri di Kodya Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Hitungan dan Soal Cerita. Tesis Malang: PPs IKIP Malang.

Anna Citra Islamiyah, dkk. (2010). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.Jurnal Didaktik Matematika Vol.5, No. 1 Program studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mataram.

Davis, Gordon B. (2002). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: CV. Teruna Grafica.

Gagne, Robert. M. (1989). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemahan munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Haji, Saleh. (1994). Diagnosis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Certa di Kelas V SD Negeri Percobaan Surabaya. Tesis. PPs IKIP Surabaya.

Hidayah, Anik. (1998). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Linear dengan Dua Peubah di Kelas I-B SLTP Negeri 3 Trenggalek. Surabaya: Skripsi tidak diterbitkan.

Johar, R & Zainabar. (2013). Student’s Performance On Shape Task of PISA Question. Mathematics Education Departement Syiah Kuala University, Banda Aceh, Indonesia.

Kamarullah. (2005). Analisis Kesalahan Mahasiswa D-2 PGRI IAIN Ar-Raniry Banda Aceh tentang Geometri di Madarasah Ibtidayah beserta Alternatif Pembelajarannya. Tesis. Surabaya: Unesa.

Khaidir, C & Rahmi, E. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita atematika Kelas X.2 SMAN 1 Salimpaung Berdasarkan Metode Kesalahan Newman. Procceding International Seminar on Education 2016 Faculty of Tarbiyah and Teacher Training.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mulyono, Abdurrahman. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morgan, C.T. (1962). Introduction to Psycology. Jakarta: Pradnya Paramita.

Nia Wahyu Damayanti, dkk. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung pada Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic Vol.4 No.1 Universitas Wisnusardhana Malang.

Polya, George. (2014). How to Solve it a New Aspect of Mathematical Method. (terjemahan munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Prakitipong, N & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance Using Newman Prosedure. Journal of International Cooperative in Education. Vol. 9. No. 1. Hal: 111-122. Hiroshima University.

Rosyidi, Abdul Haris. (2005). Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MtsAlkhoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Terkait dengan Sistem Persamaan Dua Peubah. Tesis. Surabaya: Unesa.

Witherington, Cart. (2003). Psikologi Pendidikan Terjemahan Purwanto. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Armin, R., & Sulastriyani, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Meyelesaikan Soal Cerita Perkalian dan Pembagian Pecahan Berdasarkan Metode Newman pada Siswa Kelas V SD Ngeri 2 Nganganaumala. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 142-147. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.186

Issue

Section

Articles