Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah

Authors

  • Herlawan Herlawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.181

Keywords:

efektivitas, model pembelajaran, problem posing, berpikir kritis, matematika

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Posttest-Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes sebanyak 5 nomor. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 81,90; 2) rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 71,74; 3) berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikan 0,003 < 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (1998). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Biggs. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik/Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Bruner, J. (1966). Teori-teori dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Deporter, B. (2000). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Guru/Rusman.- Ed. 2,-6. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Ennis. (1996). Penerapan Model Pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN: 2355-4185. 73.

Gagne. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik/Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Joyce, & Weil. (1980). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Guru/ Rusman. – Ed. 2,-6. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Kellen. (1998). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Guru/ Rusman.–Ed. 2,-6. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Kemp. (1995). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Guru/ Rusman.–Ed. 2,-6. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Mahmudi, A. (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA di FMIP UNY.

Morgan. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik/Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Ruseffendi. (1994). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Herlawan, H. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 112-118. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.181

Issue

Section

Articles