Implementasi Aplikasi Analisis Naskah Soal Harian (AnNASH21) dalam Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah pada SD, SMP, SMA di Kecamatan Sangia Wambulu

Authors

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sardiana Sardiana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Maya Nurlita Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nining Syafitri Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Nur Halimatus Saadia Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/kambampu.v1i2.1431

Keywords:

Ujian Akhir Semester, Kualitas Instrumen, AnNASH21, Kebijakan Pendidikan

Abstract

Ujian akhir semester (UAS) atau istilah lain yang digunakan di sekolah, merupakan tahapan akhir dari prosedur evaluasi program pembelajaran yang telah dilaksanakan selama 1 (satu) semester. Hasilnya, berupa skor merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk menentukan nilai raport bagi setiap siswa. Oleh karena hasilnya berkaitan dengan laporan keberhasilan siswa mengikuti pembelajaran, sebagai bentuk pengalaman belajar, maka kegiatan ini perlu dikelola dengan baik, mulai dari penyiapan instrumen pengukuran (soal), pencipataan suasan tempat UAS berlangsung, proses pelaksnaan UAS (Pengawasan), hinga pelaporan hasil dalam bentuk skor perolehan setiap siswa. Kegiatan implementasi aplikasi AnNaSH dalam pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah di SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Sangia Wambulu ini telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Kegiatan PkM dihadiri oleh 20 orang guru dari SD, SMP, dan SMA di kecamatan Sangia Wambulu. Pelaksanaan kegiatan ini di buka oleh kepala sekolah mitra yakni kepala SMP Negeri 8 Buton Tengah, dilanjutkan dengan penjelasan materi tentang perkembangan dan pentingnya menganalisa tes butir soal, serta penggunaan aplikasi AnNaSH dalam penganalisis kualitas butir soal. Materi ini diberikan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam proses belajar mengajar di kelas, khusunya berkaitan dengan proses penilaian. Setelah penyampaian materi, kemudian dibuka sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta sangat terlihat antusias dan aktif selama mengikuti kegiatan hingga akhir kegiatan. Peserta memahami apa yang telah disampaikan, ini terlihat dari antusiasnya peserta dengan banyaknya pertanyaan. Pada akhir kegiatan, peserta mengisi angket yang berisi penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan PkM. Berdasarkan hasil analisis terhadap angket tersebut, di peroleh bahwa sebagian besar peserta menyatakan bahwa materi yang diberikan sangat layak dari aspek kelayakan aplikasi, sangat baik dari aspek kebahasaan, sangat menarik dari aspek sajian, dan sangat bermanfaat bagi peserta dalam melakukan analisis butir soal dalam rangka pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gronlund, N.E. (1982). Constructing achievement test. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.

Setyawarno, Didik. Analisis Butir Soal dengan Iteman 4.3. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Iteman Software (1993). Assessment Systems Corporation, 2233 University Avenue, Suite 400, St Paul, Minesota 55114, United States of America

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles