Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di SMP Negeri 1 Batauga

Authors

  • Wa Ode Sherin Dwi Septi Awaluddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.407

Keywords:

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Kontekstual

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Kontekstual berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di SMP Negeri 1 Batauga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di SMP Negeri 1 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batauga yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 27 siswa dan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil pretest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 26,04 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 58,27; 2) hasil pretest untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 19,62 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata yaitu 53,73; 3) Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 0,09 dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada materi himpunan di SMP Negeri 1 Batauga Tahun Ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, M. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII pada SMK Muhammadiyah 1 Gresik Tahun Ajaran 2017-2018. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Ariyanti, M. R. D., & Untari, M. F. A. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Dakota terhadap Hasil Belajar Materi FPB dan KPK. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 73–82.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Fithriyana, R. (2018). Hubungan Penghasilan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar 006 Langgini. Jurnal Basicedu, 2(1), 102–110.

Herawati, N., & Hidayat, A. (2020). Peranan Guru dalam Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar pada Paud Rose Jakarta. Jurnal Akrab Juara, 5(4), 200–214.

Kartikasari, M. L., Sultoni, S., & Sumarsono, R. B. (2019). Hubungan Keikutsertaan Kegiatan Ekstrakurikuler dan Prestasi Belajar Peserta Didik. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 83–89.

Kusuma, N. F., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2018). Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (Murder) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Misyanto, M. (2015). Pengaruh Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Anterior Jurnal, 14(2), 186–193.

Rahmawati, I. S. (2017). Penerapan Model Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1).

Riska, S., Abdi, A. W., & Maulidian, M. O. R. (2017). Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Everyone Is A Teacher Here (EIATH) dengan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(4).

Downloads

Published

2021-01-01

Issue

Section

Articles