THE USE OF STUDENT WORKSHEETS TO IMPROVE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH AT THE SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 1 KADATUA

Authors

  • Ilma Ilma Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Syamsul Una Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i3.1068

Keywords:

Lembar Kerja, Minat, Belajar Bahasa Inggris

Abstract

Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah “Dapatkah penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris siswa di Kelas Tujuh SMP Negeri 1 Kadatua Tahun Pelajaran 2021/2022?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik  dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris siswa di kelas tujuh SMP Negeri 1 Kadatua Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dalam Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument Penelitian berupa angket kepada kelas eksperimen, untuk mengukur pengusaan siswa pada materi Telling Time. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji sampelberpasangan.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1)  skor mean pre-questionnaire adalah 53.78 dengan kategori rendah dan skor mean post-questionnaire adalah 75.89 dengan kategoritinggi. 2) skor kemajuan adalah 22.11. 3) hasil pada uji paired sample test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan student worksheets secara signifikan dapat meningkatkan minat belajar bahasa inggris siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Kadatua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. K. Pratiwi, “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG,” Pendidikan, vol. 1, pp. 75–105, 2015.

S. Nurhasanah and A. Sobandi, “Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, pp. 128–135, 2016.

N. Ermi, “PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 15 PEKANBARU,” Pendidikan.

M. C. Wiguna, S. B. Batulicin, T. Bumbu, and K. Selatan, “Pengembangan LKPD IPA Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP The Depelopment LKPD About Science Based on Process Skill to Improve Scientific Attitude and Interest for Students Grade VII,” vol. 4, no. 2, pp. 176–183, 2016.

T. (ISLAM D. N. A.-R. D.-N. A. Jajrni, “PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII DI MTsS DARUL HIKMAH KAJHU ACEH BESAR,” 2019.

E. Pawestri and H. M. Zulfiati, “MENGAKOMODASI KEBERAGAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN.”

A. A. P, “Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran,” vol. III, no. 36, pp. 205–215, 2019.

Moh Ainol Yakin, “Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X,” Pendidikan, vol. 15, no. 2, pp. 108–114, 2021.

W. Fatimah et al., “PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS,” vol. 7, 2022.

Z. Al, F. Yang, K. I. Sdn, and K. Panang, “Zaki Al Fuad, Dosen PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh Zuraini, Alumni PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh Jurnal Tunas Bangsa|42 ISSN 2355-0066.”

S. Kusumo, “Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas iv sdn se-gugus nyi ageng serang semarang,” 2016.

S. Yuliani and D. Hartanto, “Statistik Riset Pendidikan; Dilengkapi Analisis SPSS,” Cahaya Firdaus Publ. Print., p. 5, 2019.

A. Sulistyani, S. Sugianto, and M. Mosik, “Metode Diskusi Buzz Group dengan Analisis Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 5, no. 1, 2016.

G. dan Berliner, “Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran,” Online) http//www. Maz. com/2009/07/teori-belajarbehavioristik-dan. html, 1984.

Downloads

Published

2022-09-30