STUDENTS’ DEMOTIVATION FACTORS IN LEARNING ENGLISH at MTs NEGERI 1 BAUBAU

Penulis

  • La Mido Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asmita Asmita Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1244

Kata Kunci:

Faktor demotivasi siswa, belajar bahasa Inggris, siswa

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) faktor internal dan faktor eksternal apa yang menyebabkan demotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris? (Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor internal dan factor eksternal yang menyebabkan demotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data tentang demotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Data dianalisis menggunakan pola reduksi data, tampilan data dan verifikasi data atau kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa siswa kurang antusias dan tidak ada kemauan dalam belajar bahasa Inggris. Ini karena mereka kurang minat belajar bahasa Inggris. Peneliti juga mendapatkan metode guru kurang kreatif dalam mengajar, guru kurang memberikan apresiasi kepada siswa dan kurang dukungan fasilitas dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, data tentang internal faktor yang menyebabkan tidak termotivasi belajar bahasa Inggris antara lain ; kurang minat dalam belajar bahasa Inggris, siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris, dan merasa bosan. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan tidak termotivasi belajara bahasa Inggris adalah sikap guru kepada siswa pada saat mengajar, kurang interaksi antara guru dan siswa di sekolah, siswa merasa juga bahwa gaya guru kurang kreatif dalam mengajar. Siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dirumah, pengaruh teman sekelas yang tidak menyukai mata pelajaran bahasa Inggris. Kurangnya buku-buku bahasa Inggris diperpustakaan, minat yang rendah dalam membaca buku dan kurangnya dukungan atau perhatian dari keluarga siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dornyei, Z. (2001). New themes and approaches in second language motivation research. Annual Review of Applied Linguistic,43-59.

Ghadirzadeh, R. (2012). Demotivating factors for English language learning among university students. Journal of Sosial Sciences 8 (2), 189-195

Jung, S. K. (2011). Demotivating and Remotivating factors in learning English:

Case of Low-Level College Students. English Teaching, 66(2), 47–72.

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2003). Research in Education. New Jersey: Pearson.

Cropley, A. J. (2019). Qualitative research methods: A practice-oriented introduction for students of Psychology and Education. Riga, Latvia: Zinātne. DOI: 10.13140/RG.2.1.3095.6888.

Nasucha, M. R. (2017). Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra. dan Pengajaran. Surakarta: Pustaka Briliant.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Chambers, G. (1993). Taking the „de‟ out of demotivation. Language Learning Journal, 7, 13-16.

Dornyei, Z. (2005). Motivation and second language acquisition (Vol. 23). Natl Foreign Lg Resource Ctr.

Al-Khairy, M. H. (2013). English as a foreign language learning demotivation factors as perceived by Saudi undergraduates. European scientific journal, 9(32)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Mido, L., & Asmita, A. (2023). STUDENTS’ DEMOTIVATION FACTORS IN LEARNING ENGLISH at MTs NEGERI 1 BAUBAU. English Education Journal, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1244

Terbitan

Bagian

Articles