Pengaruh Promosi terhadap Minat Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Authors

  • Sardiana Sardiana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Fitriani Fitriani Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Promosi, Minat Mahasiswa, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapapengaruh promosi terhadap minat mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi FKIP universitas Dayanu Ikhsanuddin.Jenis penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas promosi (X) dan variabel terikat minat mahasiswa (Y). Penelitian ini akan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:Persamaan yang diperoleh Y=37,015+0,098X. Hal ini menunjukkan bahwa tanpa adanya promosi, sudah ada nilai yang diperoleh dari minat mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi FKIP Unidayan sebesar 37,015. Sedangkan nilai b= 0,098, artinya setiap kenaikan 1 satuan nilai variabel promosi akan diikuti oleh kenaikan variabel minat mahasiswa memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unidayan sebesar 0,098. Karena nilai thitung (0,782) < nilai ttabel maka hal ini menunjukkan Promosi belum berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa.Korelasi antara promosi dengan minat mahasiswa memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP sebesar 0,177. Jumlah ini berada di antara nilai 0,00-0,29 yang berarti korelasi antara kedua variabel termasuk dalam kategori sangat lemah.Koefisien determinan = 0,031 Hal ini berarti variasi promosi dapat dijelaskan oleh variasi minat mahasiswa masuk di Program Studi Pend. Ekonomi sebesar 3,1% dan sisanya 96,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusty, ferdinand. 2006. Metode penelitian manajemen. Pedoman penelitian untuk skripsi, tesis dan disertasi ilmu menejemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Azhar, iqbal nurul dkk. 2011. Sosiolonguistik teori dan teori praktek. surabaya: lima-lima jaya

Amini, S., dan R. Susilowati. 2010. Produksi biodiesel dari mikroalga botrycoccus braunii.squalen. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Bold, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga

Agus salam rahmat. Model pengembangan pendidikan nilai di perguruan tinggi. Artikel tersedia pada http://pengertianperguruantinggi.(diakses 25/10/2019)

Hurlock, Ekizabeth B. (2011). Perkembangan anakjilid 2. Jakarta:Erlangga

Moh. Suardi, Tri Ariprabowo, Syarianisda. (2007). Dasar-dasar pendidikan edisi 12 jilid 1 dan 2. Erlangga

Philip Kotler & Gary Amstrong. (2017). Prinisip-Prinsip Pemasaran edisi 12 jilid 1 dan 2. Erlanggara

Philip Kotler & Keller. 2017. Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2. Erlangga

Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2020-05-01