Karakteristik Litologi Berdasarkan Crossplot Akustik Impedansi Dan Gamma Ray

Authors

  • Asrim Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sarman Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

log bor, akustik impedansi, litologi

Abstract

Metode seismik merupakan metode geofisika yang memanfaatkan penjalaran gelombang seismik untuk mengetahui informasi di bawah permukaan bumi. Sifat fisis batuan yang dilewati gelombang seismik dikenal dengan nama akustik impedansi batuan (AI), yang dikontrol oleh kecepatan gelombang dan densitas batuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan AI dan litologi di salah sumur bor di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data log bor yang meliputi log sonik, log densitas dan log GR. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan software Hampson Russel (HRS). Hasil analisis menggunakan metode crossplot AI dan GR menunjukkan bahwa batubara mempunyai AI yang sangat rendah, sedangkan batupasir dan shale mempunyai AI yang hampir sama. Hal ini menujukkan bahwa AI pada sumur ini hanya dapat digunakan untuk identifikasi batubara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Milsom, Field Geophysics, Third Edit. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd, 2003.

M. Dentith and S. Mudge, Geophysics for the Mineral Exploration Geoscientist. New York: Cambridge University Press, 2014.

W. Lowrie, Fundamentals of Geophysics, Second Edi. Cambridge University Press, 2007.

J. P. Rafferty, Geological Sciences. Britannica Educational Publishing, 2012.

M. B. Revuelta, Mineral Resources: From Exploration to Sustainability Assessment. Springer International Publishing AG, 2018.

H. Liu, Principles and Applications of Well Logging. Beijing: Springer Mineralogy, 2017.

J. Evenick, Introduction to well logs and subsurface maps. Oklahoma: PennWell Corporation, 2008.

M. Tasya, Alimuddin, and Z. D. Allan, “Interpretasi Data Logging Geofisika Dan Hubungannya Terhadap Nilai Kalori Batubara Di Daerah Tambang Banko Barat Pit 1 Pt. Bukit Asam Tbk. Tanjung Enim, Sumatera Selatan,” 2020.

Downloads

Published

2023-01-30