Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Batari (Sorghum Bicolor L. Moench) Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Berbeda

Authors

  • Musrif Musrif Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • I Komang Tri Suarnaya Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Tanaman Serealia, Pupuk Organik, Pupuk Kandang Sapi, Pupuk Kandang Kambing dan Pangan Alternatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman batari  terhadap pemberian pupuk kandang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2023, bertempat di Kelurahan Ngkaring-ngkaring, Kecamatan Bungi, Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 7 taraf perlakuan yaitu P0 = Tanpa pupuk, PS1 = Pupuk kandang sapi 430 gram/tanaman, PS2 = Pupuk kandang sapi 480 gram/tanaman, PS2 = Pupuk kandang sapi 530 gram/tanaman, PK1 = Pupuk kandang kambing 590 gram/tanaman, PK2 = Pupuk kandang kambing 640 gram/tanaman, dan PK3 = Pupuk kandang kambing 690 gram/tanaman. Rancangan analisis yang digunakan adalah analisis of varians (ANOVA). Bila terdapat pengaruh perlakuan terhadap variabel penelitian maka akan dilanjutkan menggunakan uji beda nyata jujur BNJ (beda nyata jujur) pada taraf kepercayaan 5%. Parameter yang diamati yaitu tinggi (cm), jumlah daun (helai), diameter batang (cm), dan bobot basah biji (gram). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk kandang yang berbeda memberikan respon terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang dan bobot basah biji per tanaman. Perlakuan PK3 (Pupuk kandang kambing 690 gram/tanaman) merupakan perlakuan terbaik dengan rerata bobot basah biji yaitu 85.00 gram.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Musrif Musrif, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Jurnal Agriyan merupakan media cetak untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review) singkat, dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dipresentasikan dalam jurnal ini meliputi ilmu pertanian secara luas termasuk budidaya tanaman, ilmu tanah, hama dan penyakit tanaman, agribisnis, sosial ekonomi pertanian dan teknik pertanian terapan. Kehadiran Jurnal Agriyan diharapkan mampu menjadi media komunikasi dan forum pembahasan keilmuan bagi staf pengajar dan mahasiswa khususnya dilingkungan Fakultas Pertanian Universitas Dayanu Ikhsanuddin

References

Anonim. 2007. Cara Praktis Membuat Kompos. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Anonymous. 2010. Teknologi budi daya Sorgum.www.distan.pemdadiy.go.id/ images/stories/Teknologi/sorgum.pdf

Cahyono, dan Ragil., N 2016. Pemanfaatan Daun Kelor dan Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair untuk Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus sp.) Publikasi Ilmiah.

Gana, A.K. 2009. Effects of organic and inorganic fertilizers on sugarcane production. African Journal of General Agriculture. Vol. 4, No. 1, March 31, 2009.

Hadi, R.Y., Y.B.S Heddy dan Y. Sugito. 2015. Pengaruh Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L.) di Daerah Malang. Jurnal Produksi Tanaman 3 (4).

Human, S. 2007. Riset & Pengembangan Sorgum dan Gandum Untuk Ketahanan Pangan. Makalah. Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Jakarta Selatan.

Indriani, Y. H., 2011. Membuat Kompos Secara Kilat. Penerbit Swadaya.

Mulyono. 2014. Membuat MOL dan Kompos dari Sampah Rumah Tangga. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.

Rini, A. 2012. Cara Membuat Pupuk Organik untuk Tanaman Buah dan Bunga yang Ramah lingkungan. Jakarta: Pustaka Mina.

Samekto. R. 2006. Pupuk Kandang. PT. Citra Aji Parama. Yogyakarta

Satriyo, M. A., Aini, N. 2018. Pengaruh Jenis dan Tingkat Konsentrasi Pupuk Daun Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terong (Solanum melongena L.). Departement of Agronomy, Faculty of Agriculture, Brawijaya University.

Siregar, A., K. 2017. Efektivitas Pemberian Pupuk Kandang Sapi Dan MOL Sayuran Terhadap Pertumbuhan Kacang Merah. Skripsi. UNPAB.

.

Downloads

Published

2023-09-01