Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Bawang Merah Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Alami Terhadap Pertumbuhan Bibit Ketumbar (Coriandrum Sativum)

Authors

  • Gusmin Sarif Amane Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sukma Kaimuddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Dosis, Hormon, Larutan, Rempah-rempah, Herbal.

Abstract

Ketumbar merupakan tanaman yang bernilai ekonomi tinggi karena permintaan terhadap komoditi ini setiap tahunnya mengalami peningkatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Konsentrasi Ekstrak Bawang Merah Sebagai Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Alami Terhadap Pertumbuhan Bibit Ketumbar.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei tahun 2023 yang bertempat di kebun percobaan Program Studi Agroteknologi Kelurahan Ngkari-Ngkari Kecamatan Bungi Kota Baubau. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari lima taraf perlakuan yaitu P0: Kontrol, P1: 10% Ekstrak Bawang Merah, P2: 20% Ekstrak Bawang Merah, P3: 30% Ekstrak Bawang Merah, P4: 40% Ekstrak Bawang Merah. Parameter yang diamati meliputi; tinggi tanaman dan jumlah daun.Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi ekstrak bawang merah berpengaruh sangat nyata terhadap parameter pertumbuhan tinggi tanaman dan jumlah daun bibit tanaman ketumbar.Perlakuan terbaik diperoleh pada konsentrasi 30%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Gusmin Sarif Amane, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Jurnal Agriyan merupakan media cetak untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review) singkat, dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dipresentasikan dalam jurnal ini meliputi ilmu pertanian secara luas termasuk budidaya tanaman, ilmu tanah, hama dan penyakit tanaman, agribisnis, sosial ekonomi pertanian dan teknik pertanian terapan. Kehadiran Jurnal Agriyan diharapkan mampu menjadi media komunikasi dan forum pembahasan keilmuan bagi staf pengajar dan mahasiswa khususnya dilingkungan Fakultas Pertanian Universitas Dayanu Ikhsanuddin

References

Alimudin, M. Syamsiah dan Ramli.2017. Aplikasi Pemberian Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap Pertumbuhan Akar Stek Batang Bawah Mawar (Rosa Sp.) Varietas Malltic. Jurnal Agroscience Vol. 7(1):194-202.

Girsang, A. M. D., Kristanto, B. A.,dan Lukiwati, D. . (2020). Produksi biomassa ketumbar (Coriandrum sativum) dengan jarak tanam dan jenis pupuk hayati. J. Agro Complex, 4(2), 108–115. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/joac

Irni, S. Afrianti, S. Dan Pardede, J. 2019. Pengaruh Konsentrasi dan Lama Perendaman Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) Terhadap Pertumbuhan STEK Lada bracteata D.C. Agroprimatch vol.2, No.2, April 2019. e-ISSN : 2599-3232.

Prastika. 2018. Efektivitas Rendaman Biji Ketumbar (Coriandrum Sativum L) Untuk Terapi Masalah Keputihan Pada Wanita Usia Subur. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.37341/interest.v7i1.63.

Sofyan, N., O. Faelasofa, A.H., Triatmoko, S.N., dan Iftitah. 2018. Optimalisasi ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) alami ekstrak bawang merah sebagai pemacu pertumbuhan akar stek tanaman buah Tin (Ficus carica). Jurnal Ilmu Pertanian Tropika dan Subtropika. 3(2): 46-48.

Tambunan, S. B. R., N. S. Sebayang dan W. A. Pratama. 2018. Keberhasilan Stek Jambu Madu (Syzygium equaeum) dengan pemberian Zat Pengatur Tumbuh Kimiawi dan Zat Pengatur Tumbuh Alami Bawang Merah (Allium cepa L.). Jurnal Biotik 6(1): 45-52. ISSN: 2337-9812

Tarigan, P.L., Nurbaiti, dan S. Yoseva. 2017. Pemberian ekstrak bawang mera sebagai zat pengatur tumbuh alami pada pertumbuhan setek lada (Piper nigru m L.).

Utami, P., dan Mukhtar Iskandar, S. S. (2018). Effect of Plant Growth Hormone Iaa and Biourine Cow on the Growth of. Agrium, 21(2).

Yanengga, Y., dan Tuhuteru, S. (2020). Aplikasi Ekstrak Bawang Merah Terhadap Pertumbuhan Okulasi Tanaman Jeruk Manis (Citrus Sp.).

Downloads

Published

2023-10-05